Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Buah-buahan

buah penurun kolesterol

buah penurun kolesterol

buah penurun kolesterol

buah penurun kolesterol

Buah penurun kolesterol – Kolesterol merupakan zat yang penting bagi tubuh. Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal dengan lipid. Kolesterol dibawa masuk ke dalam darah melalui protein. Kedua zat tersbut kemudian disebut lipoprotein. Lipoprotein tersebut dibagi sesuai caranya beredar didalam darah, yaitu HDL (tinggi) biasa disebut kolesterol baik, LDL (rendah)  biasa disebut dengan kolesterol jahat dan VLDL (sangat rendah).

LDL yang beredar dari hati ke berbagai organ dalam tubuh berfungsi memperbaiki membran dan produksi hormon. Akan tetapi, LDL tersebut membawa dampak pada dinding pembuluh arteri, karena dalam perjalanannya ke berbagai organ, LDL akan meninggalkan endapan atau plak lemak saat melewati pemubuluh arteri. Kolesterol jahat atau LDL tersebut menumpuk plak pada arteri sehingga terjadilah penyumbatan pembuluh arteri. Hal tersebut dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, kerusakan neuron dan menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer di kaki.

HDL atau sering dinamakan kolesterol baik merupakan kolesterol yang sempurna dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan. Kolesterol baik tersebut memiliki tugas mengumpulkan kolesterol jahat atau LDL yang berada di arteri danmengembalikannya ke hati untuk kemudian dihilangkan atau didaur ulang. Pada dasarnya HDL memiliki tugas menjaga arteri agar tetap bersih sehingga saluran pembuluh darah dapat berproses tanpa hambatan dan darah dapat mengalir dengan lancar. Kadar HDL yang lebih banyak justru semakin baik bagi tubuh, efek antioksidan yang dimiliki HDL mampu mengurangi gejala aterosklerosis dan serangan jantung.

Bahaya berlebihnya kolesterol dalam tubuh tersbut dapat kita ketahui dengan mudah. Anda dapat melakukan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol total dalam tubuh tidak lebih dari 200mg/dL, dengan komposisi HDL lebih dari 50mg/dL dan LDL kurang dari 150mg/dL.

Bila setelah melakukan tes dan hasil tes yang keluar menunjukkan kadar kolesterol Anda melebihi normal, maka Anda dapat berkonsultasi pada dokter. Anda juga dapat merubah pola makan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut akan kami berikan sedikit informasi mengenai buah penurun kolesterol. Dengan beberapa buah penurun kolesterol tersebut diharapkan bisa membantu Anda menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Apel

Dua buah apel setiap hari dapat menurunkan hingga 40% LDL dalam darah. Beta glucan dapat berfungsi mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam darah.

  1. Jeruk

Zat sterol yang terkandung dalam jeruk mampu menurunkan LDL hingga 10%.

  1. Buah Berry

Keluarga berry seperti stroberi, blueberry dipercaya dapat menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.

  1. Delima

Jus delima dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang berfungsi membantu mengurangi timbunan plak yang menempel pada arteri

  1. Alpukat

Lemak tak jenuh sebesar 63% dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga pembuluh darah. Mengkonsumsi alpukat berdampak pada penurunan kolesterol jahat (LDL).

  1. Jeruk Nipis

Flavonoid merupakan senyawa yang terkandung dalam jeruk nipis yang berkhasiat mampu menghambat produksi LDL. Senyawa flavonoid juga terdapat pada tomat, teh, bawang merah dan bawang bombay.

  1. Anggur

Zat catechin dan flavonoid dalam anggur dapat menurunkan LDL serta meningkatkan HDL.

  1. Grapefruit

Satu porsi grapfruit setiap hari selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

  1. Mangga

Vitamin C dan banyak serat prebiotik dalam mangga dapat mengikis kolesterol LDL.

  1. Jambu Merah

Vitamin C, E , zat flavonoid, selenium dan karotenoid mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Sekian artikel mengenai buah penurun kolesterol dan sedikit informasi mengenai kolesterol, semoga dapat bermanfaat bagikesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Tags:
author

Author: 

Related Posts