Ini Dia 6 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

buah yang baik untuk ibu hamil

buah yang baik untuk ibu hamil

buah yang baik untuk ibu hamil

buah yang baik untuk ibu hamil

Buah yang baik untuk ibu hamil tentunya akan sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga kesehatan janin. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi buah, Anda harus paham betul mana buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan janin saat ibu hamil dan bagaimana cara pengolahannya, agar nantinya nutrisi yang didapatkan benar-benar terserap sempurna. Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat sedang hamil.

Buah naga

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang terdapat dalam dua varian yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Buahyang satu ini memiliki berbagai macam manfaat mulai dari menjaga daya tahan tubuh, menghindarkan tubuh ibu hamil dari resiko tekanan darah tinggi dan diabetes, menekan hormon stress, serta meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh janin untuk pembentukan organ. Hal tersebut tentu tak lepas dari kandungan senyawa buah naga meliputi antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan sangat terasa khasiatnya saat dikonsumsi minimal 200 gram per hari.

Mangga

Buah yang satu ini terdapat dalam aneka varian yang tentunya memiliki rasa manis berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, ketika Anda mengkonsumsi mangga, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi mangga yang benar-benar sudah matang, karena kandungan gula yang ada didalamnya akan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dalam menunjang aktivitas selama kehamilan. Buah mangga juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan mineral yang akan membantu produksi enzim pencernaan dan menyederhanakan senyawa yang bisa diserap janin.

Bengkoang

Buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat menambah stamina ibu hamil, selain itu buah bengkoang juga mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh dalam menutrisi janin dan menguatkan berbagai jaringan yang masih didalam tahap perkembangan. Dalam sehari Anda bisa mengkomsumsi 200 gram buah bengkoang segar untuk mendapat aneka nutrisi yang ada didalamnya.

Pear

Buah yang satu ini mengandung antioksidan, antibakteri, mineral, dan vitamin yang akan membantu menghindarkan seorang ibu hamil dari ancaman penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi, ataupun diabetes. Kandungan glukosa yang ada didalam pear juga akan memberi energi yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun asupan nutrisi janin. Buahyang satu ini juga memiliki manfaat dalam meningkatkan proses pembentukan organ penting bagi bayi seperti anggota gerak maupun alat indera (mata dan telinga).

Cherry

Buah yang satu ini mengandung asam folat, makro mineral (magnesium, kalium, kalsium, dan natrium), serta vitamin kompleks yang melindungi tubuh dari kontaminasi debu maupun radikal bebas, sehingga ibu hamil akan mampu mempertahankan janin dan menghindarkan diri dari resiko kehamilan. Selain itu, senyawa yang ada didalam cherry juga akan mampu menguatkan jaringan saraf bayi sehingga janin akan tumbuh lebih cerdas. Anda bisa mengkonsumsi 150-200 gram cherry per hari dan mengkombinasikannya dengan aneka buah lain seperti mangga dan apel agar penyerapan nutrisinya maksimal.

Kiwi

Buah yang satu ini kaya akan mineral maupun vitamin yang mampu menjaga daya tahan tubuh maupun mempercepat pembentukan organ pada janin. Buah kiwi mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga janin yang masih berkembang di trimester pertama akan terhindar dari resiko cacat fisik ataupun cacat mental. Buah ini juga akan membantu sang ibu mendapat nutrisi antioksidan dan vitamin yang bermanfaat mencegah gejala morning sickness. Dalam sehari Anda bisa mengkonsumsi 200-300 gram buah yang dapat dikombinasikan dengan aneka buah lain untuk mencukup kebutuhan nutrisi. Dari aneka buah yang baik untuk ibu hamil diatas mana yang paling Anda suka?

Pencarian Terkait

Tags:
author

Author: 

Related Posts