Buah Untuk Ibu Hamil Di Trimester Pertama

buah untuk ibu hamil

buah untuk ibu hamil

buah untuk ibu hamil

buah untuk ibu hamil

Buah untuk ibu hamil di trimester pertama tentunya perlu diperhatikan dengan benar agar nantinya perkembangan janin benar-benar terjamin sehat. Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi oleh para ibu di trimester pertama.

Apel

Trimester pertama adalah masa kehamilan yang rentan terhadap berbagai infeksi penyakit, oleh karena itu diperlukan nutrisi yang aman dan dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk membantu perkembangan organ janin. Salah satu buah yang dapat Anda manfaatkan adalah apel. Buah yang satu ini mengandung berbagai komponen alami seperti flavonoid, vitamin C, antioksidan, dan mineral makro yang pastinya akan membantu memperkuat pembentukan jaringan saraf, pembuluh darah,dan pencernaan pada janin. Anda dapat mengkonsumsi 3-5 buah apel per hari, namun agar hasil penyerapan nutrisinya maksimal sebaiknya Anda mengkonsumsi buah 60-90 menit setelah makan besar.

Jambu air

Buah yang satu ini sangat baik untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh sekaligus mencegah sang ibu hamil dari gejala dehidrasi. Hal ini karena jambu air kaya akan mineral dan vitamin C yang akan membantu Anda dalam menjaga stabilitas tubuh dari infeksi bakteri maupun menjaga asupan nutrisi pada janin. Anda bisa mengkonsumsi 250 gram jambu air per hari yang diolah dalam bentuk jus atau makan kondisi segar.

Kurma

Buah yang satu ini akan memberi tenaga pada ibu hamil, sehingga seorang ibu yang sedang hamil di trimester pertama lebih kuat beraktivitas dan tidak mudah terserang penyakit. Kurma adalah salah satu buah yang dianjurkan dalam ajaran Islam untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak, sehingga nantinya janin yang dikandung juga akan tumbuh kuat dan sehat.Buah yang satu ini menjauhkan seorang ibu hamil dari gejala keguguran, karena senyawa vitamin dan mineral (kalium, magnesium, fosfor, natrium, dan calsium) yang terkandung didalamnya akan memperkuat dinding rahim tempat implantasi janin. Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi 8-10 buah kurma yang dikombinasikan dengan berbagai makanan sehat lainnya.

Blueberry

Buah yang satu ini menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin. Blueberry mengandung senyawa antioksidan, vitamin, danmineral yang akan membantu mempertahankan daya tahan tubuh sekaligus mencegah gejala tekanan darah tinggi yang sering terjadi pada ibu hamil. Sedangkan untuk janin di trimester pertama, blueberry akan membantu membangun jaringan saraf sekaligus jaringan pembuluh darah yang kuat dan tahan terhadap infeksi bakteri ataupun virus. Dalam sehari akan lebih baik jika Anda bisa mengkonsumsi 10 buah blueberry dan mengkombinasikan dengan sayuran kaya serat seperti brokoli, wortel, dan tomat.

Alpukat

Buah yang satu ini mengandung lemak baik yang dapat digunakan sebagai sumber tenaga sekaligus senyawa untuk memperkuat rahim. Bagi janin yang masih berada dalam trimester pertama, buah alpukat akan sangat membantu untuk meningkatkan perkembangan organ indera, jaringan saraf, maupun jaringan pembuluh darah. Kandungan asam folat danvitamin akan membuat janin tumbuh sehat dan cerdas. Oleh karena itu, jika Anda lebih ingin janin yang dikandung sehat, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah ini dalam bentuk jus atau konsumsi segar 300 gram per hari.

Buah strawberry

Buah strawberry adalah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi di trimester pertama karena buah ini mengandung berbagai jenis senyawa seperti omega 3, omega 6, magnesium, kalsium, dan vitamin. Disamping menjaga daya tahan tubuh, kesehatan janin juga akan semakin terjaga dengan baik. Dalam sehari Anda bisa mengkonsumsi 8 buah strawberry yang dikombinasikan dengan buah untuk ibu hamil lainnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts