Kandungan Alami dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

buah naga

buah naga

buah naga

buah naga

Buah naga termasuk buah yang kini banyak dibudidayakan di Indonesia mengingat rasanya yang manis dan menyegarkan. Namun demikian, buah yang memiliki dua varian warna merah dan putih ini juga mulai dimanfaatkan untuk pengobatan karena berbagai senyawa alami yang dimilikinya seperti betakaroten, vitamin C, asam amino essensial, dan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah yang menyerupai kaktus ini.

Membersihkan dan menjaga fleksibilitas pembuluh darah

Tahukah Anda buah yang memiliki penampakan luar mirip dengan kaktus ini mengandung dua buah senyawa, yaitu pentacyclic teraxat dan terpene yang akan membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah serta membersihkan pembuluh darah dari berbagai endapan zat berbahaya. Dengan demikian, darah yang mengalir didalamnya akan membawa lebih banyak senyawa bernutrisi untuk metabolisme organ. Tambahan senyawa betakaroten dan vitamin juga akan mencegah darah membawa senyawa asing yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel abnormal (tumor dan kanker). Dengan demikian, metabolisme organ akan menjadi semakin kuat.

Mencegah penuaan dini

Tahukah Anda jika buah yang banyak ditemukan di wilayah Papua ini juga mampu mencegah penuaan dini? Kandungan antioksidan, fiber, air, dan beberapa senaywa lainnya mampu mengembalikan elastisitas kulit wajah, sehingga ketika Anda menggunakan buah sebagai masker atau diminum langsung, kulit wajah Anda akan semakin terlihat awet muda dan tanpa kerutan. Anda bisa mengkonsumsi 300 gram buah dalam bentuk salad atau jus (untuk konsumsi langsung). Sedangkan jika Anda ingin menggunakan untuk masker, haluskan 50-100 gram buah yang dicampur dengan minyak zaitun atau madu dan putih telur, balurkan secara merata di wajah, pijat, dan diamkan 30 menit hingga meresap sebelum dibilas bersih.

Mengobati anemia

Buah yang satu ini mengandung berbagai jenis mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium yang membantu memperkuat tulang sekaligus regenerasi sel darah merah didalam tubuh. Ketika Anda mengalami berbagai gejala kekurangan sel darah merah seperti mudah mengantuk, lemas, pusing, hingga mual, cobalah konsumsi 300ml jus dari buah naga agar nantinya tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. Kandungan mineral dalam buah tersebut juga akan menjaga kestabilan tekanan darah agar tidak mudah naik saat ada nutrisi yang tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

Mencegah jerawat dan membersihkan flek hitam

Anda pasti pernah mendengar kadar vitamin C dan antioksidan dalam buah naga cukup tinggi, itu sebabnya tak jarang para wanita akhirnya mengkonsumsi buah ataupun menjadikannya sebagai masker untuk mempercantik kulit. Jika Anda pemilik kulit kombinasi, sensitif, atau kering yang mengalami jerawat dan flek hitam, coba gunakan 100 gram buah naga yang dicampur dengan minyak zaitun atau madu sebagai masker 2 kali seminggu untuk membantu regenersi kulit dan menghambat pengeluaran melanin. Sebagai perawatan dalam tubuh, Anda juga bisa mengkonsumsi 300ml jus per hari untuk meningkatkan kelembaban dan kecerahan kulit.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia ini mengandung senyawa betasianin, betalain, dan fenol yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Buah ini membantu menguatkan pembuluh darah sehingga endapan kolesterol yang menmpel akan segera diluruhkan dan dikeluarkan bersama feces ataupun keringat. Senyawa betalain juga akan membuat daya tahan tubuh orang yang kolesterolnya tinggi semakin kuat sehingga tidak mudah sakit dan lelah. Semoga dengan bahasan diatas Anda bisa memanfaatkan buah naga sesuai kebutuhan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts