10 Fakta Menarik Buah Pisang

buah pisang

buah pisang

buah pisang

buah pisang

Fakta Buah Pisang

Buah pisang termasuk buah yang mudah didapat dan murah di kantong. Di Indonesia sendiri banyak ditemui pohon pisang. Bisa dibilang pohon pisang tumbuh subur dengan mudah hampir di setiap daerah.

Meski murah, namun siapa sangka bila kandungan gizi dalam pisang terbilang lengkap. Sebut saja mulai dari vitamin B kompleks, vitamin C, dan mineral penting seperti zat besi, magnesum, fosfor, kalsium, dan kalium. Karenanya terdapat beragam khasiat pisang untukkesehatan. Lebih dari itu. Ada pula sejumlah fakta menarik seputar pisang yang perlu Anda tahu. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut diantaranya:

  1. Aroma Pisang Bikin Kenyang

Aroma pisang tercium cukup khas. Siapa sangka bila mencium aroma pisang saat lapar dapat membantu menekan nafsu makan berlebihan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa aroma pisang memiliki kemampuan memanipulasi organ otak. Sehingga otak akan mengira seolah perut tidak begitu lapar.

  1. Teman Diet Paling Ramah

Dari hasil uji lab diketahui pisang tinggi serat namun rendah kalori. Selain itu, pisang juga mempunyai karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama seperlu dicerna sempurna. Inilah mengapa, mengonsumsi pisang cukup efektif mengunci rasa kenyang. Sehingga buah pisang pun dinobatkan sebagai salah satu buah teman diet yang paling ramah.

  1. Sumber Energi

Tidak hanya mengunci rasa kenyang dalam waktu lama, tetapi pisang juga bisa mencukupi kebutuhan energi seperlu melakukan aktivitas fisik. Tidak heran bila sejumlah atlet olimpiade gemar mengonsumsi pisang rutin setiap hari sebagai sumber energi.

  1. Buah Serba Guna

Mungkin gelar buah serba guna layak diberikan kepada pisang. Pasalnya pisang bisa dinikmati dalam banyak cara. Mulai dari memakan pisang secara langsung, diolah menjadi jus pisang, kue bolu, puding, smoothie, hingga hidangan pencuci mulut lainnya.

  1. Vitamin B6

Dalam buah pisang juga terdapat kandungan vitamin B6 dalam kadar tinggi. Vitamin B6 itu sendiri memiliki peran penting dalam pembentukan sel tubuh, produksi hemoglobin, produksi insulin, dan antibodi seperlu melawan infeksi. Tidak hanya itu. Dengan kandungn vitamin B6 kadar tinggi, pisang juga dapat digunakan seperlu melindungi risiko diabetes II, mengurangi pembengkakan, dan memperkuat sistem syaraf tubuh.

  1. Kaya Vitamin C

Tidak kalah dengan buah berry atau buah jeruk, pisang juga memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C dalam pisang tersebut berfungsi menguatkan sistem imun, menyegatkan tulang, otot, dan jaringan tubuh yang lainnya.

  1. Meredakan Sembelit

Kandungan serat tinggi dalam pisang juga bermanfaat meredakan sembelit. Jadi bila Anda sedang bermasalah dengan sembelit alias BAB tidak lancar dianjurkan memperbanyak pengonsumsian buah pisang. Mengonsumsi pisang dirasa efektif menghindari pengerasan feses yang tidak lain menjadi awal gejala sembelit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan penting lainnya yang terdapat dalam pisang yaitu kalium. Kalium diketahui berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang amat berisiko menyebabkan sakit stroke dan jantung. Selain itu, ada pula serat pektin yang ampuh menurunkan kadar kolesterol berlebih.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Saat sedih atau mood tidak baik, Anda bisa mencoba memakan pisang. Adanya kandungan magnesium dalam pisang nyatanya efektif meredakan rasa sedih sekaligus memperbaiki suasana hati. Sebaliknya, kekurangan asupan magnesium biasa dikaitkan dengan tingginya risiko cemas berlebih, depresi, dan gangguan suasana hati yang lain.

  1. Simpan Pisang Dalam Kantung Kertas

Tidak sabar ingin segera makan pisang? Bila Anda ingin pisang bisa cepat matang, maka coba simpan di dalam kantung kertas bersama tomat, pir, dan apel. Cara menyimpan secara berkelompok tersebut terbukti dapat membuat buah pisang lebih cepat matang dan siap santap.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts