10 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga untuk ibu hamil

Buah naga untuk ibu hamil

Buah naga untuk ibu hamil

Buah naga untuk ibu hamil

Ada mitos yang beredar bahwa buah naga untuk ibu hamil cenderung berbahaya, namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Justru buah naga mempunyai banyak sekali khasiat untuk para ibu hamil, berikut ini akan dibahas beberapa manfaatyang akan didapat ketika seorang ibu hamil mengkonsumsi buah naga :

  1. Baik untuk darah

Buah naga mengandung zat besi sebanyak 0.65 mg untuk 100g buah naga. Buah ini tentunya sangat baik untuk kesehatantubuh ibu hamil, dimana kandungan ini baik untuk proses pembentukan sel darah merah, sehingga mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Selain itu zat besi juga baik untuk memasok oksigen dan juga nutrisi ke dalam tubuh janin.

  1. Menjadi sumber energy

Dalam buah naga terdapat 9 hingga 14 g karbohidrat /100 g, hal ini sedikit banyak akan memberikan nutrisi yang baik, dimana seorang ibu hamil membutuhkan 135 g kalori setiap harinya. Ini juga yang membuat tubuh ibuh menjadi tetap bertenaga.

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Buah naga juga mengandung asam folat. Kandungan ini yang sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang janin. Apabila janin kekurangan folat, maka resiko yang akan terjadi adalah keguguran, dan bayi lahir cacat.

  1. Mengatasi sembelit

Buah naga ini kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi buah naga secara rutin, tentunya akan membantu system pencernaan bekerja dengan baik, selain itu serat juga dapat menjaga kesehatan usus dan juga system pencernaan lainnya. Ini yang akan membuat ibuh hamil tidak  akan mudah terkena sembelit.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga kaya akan kandungan vitamin C, protein, potassium dan zat besi, kandungan ini baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu dan juga janin agar tetap sehat. Selain itu ada juga ada juga kandungan antioksidan, yang tentunya baik untukmenangkal berbagai macam radikal bebas yang ada di alam ini. Adanya kandungan antioksidan ini tentunya baik untukmenjaga bayi dari radikal bebas, yang dapat membuat bayi lahir cacat.

Ketika daya tahan tubuh ibu dan janin meningkat, tentunya tubuh akan dapat melawan berbagai macam penyakit yang akan masuk, seperti flu, batuk, dll.

  1. Baik untuk pembentukan tulang dan gigi

Adanya kandungan kalsium dalam buah naga tentunya baik untuk proses pembentukan tulang dan gigi janin. Selain untukgigi dan tulang, kalsium ini juga dibutuhkan untuk proses pertumbuhan organ lainnya.

  1. Dapat menyerap protein menjadi lebih baik

Seorag ibu hamil tentunya membuatuhkan protein tinggi, untuk menjaga pasokan energi dan juga untuk berbagai macam kebutuhan lainnya. Selain itu protein juga baik untuk janin. Akan tetapi memang tidak semua protein dapat diserap secara langsung oleh janin, salah satu kandungan yang dapat diserap secara langsung oleh janin adalah vitamin B1.

  1. Dapat menyempurnakan mata janin

Buah naga juga mengandung protein, kandungan ini baik untuk membuat indra pengelihatan tumbuh dan berkembang dengan baik. Kandungan betakaroten yang paling tinggi terdapat dalam buah naga merah.

  1. Mengembangkan system syaraf tulang belakang

Kandungan folat yang terdapat dalam buah naga ternyata dapat membentuk system tulang belakang pada janin  menjadi lebih baik. Dengan system tulang belakang yang baik, tentunya akan membaut resiko bayi lahir cacar dapat dicegah dengan baik.

  1. Dapat menyeimbangakan metabolism sel

Manfaat terakhir dalam buah naga untuk ibu hamil adalah adanya kandungan vitamin B1 yang  dapat membuat metabolism sel dalam tubuh janin dan ibu menjadi lebih baik, dengan demikian kesehatan ibu dan janin akan terjaga dengan baik.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts