10 Manfaat buah pala untuk kesehatan

Buah pala

Buah pala

Buah pala

Buah pala

Manfaat buah pala tidak hanya sebatas sebagai pada biji buahnya saja, akan tetapi daging buah pala ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak banyak orang yang mengetahui khasiat dari daging buah pala ini, namun sejatinya ada banyak sekalimanfaat yang akan didapat seseorang ketika mengkonsumsi daging buah pala ini secara rutin, terutama untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa khasiat atau manfaat buah pala ;

  1. Menghilangkan masuk angin

Buah pala mengandung minyak atsiri, dan berbagai macam vitamin. Zat-zat ini bermanfaat untuk tubuh agar terasa hangat, cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama-tama bersihkan buah pala, kemudian, kupas buah tersebut dan potong-potong kecil. Setelah itu rebus bersama air secukupnya. Setelah mendidih, angkat dan konsumsi dengan menggunakan gula putih.

  1. Menghilangkan insomnia

Insomia adalah penyakit sulit tidur, untuk mengatasinya mudah saja, Anda cukup konsumsi rebusan air pala sebelum tidur. Beberapa kandungan dari buah pala membuat tubuh merasa relaks, dan tubuh pun akan mulai mengantuk.

  1. Menambah nafsu makan

Tidak hanya kunyit yang dapat menambah nafsu makan, mengkonsumsi air rebusan buah pala juga dapat menambah nafsu makan. Jika anak Anda sulit makan, tidak ada salahnya untuk memberikan air rebusan pala yang ditambah dengan gula putih. Anak-anak pasti akan suka karena rasanya yang manis dan segar.

  1. Memperlancar system pencernaan

Buah ini mengandung serat, vitamin dll yang dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Jadi bagi Anda yang saat ini sulit untuk buang air besar, tidak ada salahnya mengkonsumsi air rebusan pala secara teratur, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi sehat.

  1. Meredakan asam lambung

Khasiat lain dari buah pala adalah dapat mengatasi penyakit maag, atau asam lambung. Cara membuatnya juga sangat mudah, konsumsi saja air rebusan daging buah pala, yang ditambah dengan pisang batu secukupnya. Rebus hingga mendidih dan konsumsi selagi hangat.

  1. Meningkatkan kerja otak

Kandungan miristin dalam buah pala, dapat digunakan untuk meningkatkan kerja otak. Semakin bertambah usia seseorang maka kinerja otak juga semakin lama akan semakin menurun, namun dengan mengkonsumsi air rebusan pala dapat mengatasi degradasi pade otak, dan penurunan sistem kerja syaraf.

  1. Detoksifikasi

Buah pala dapat juga digunakan untuk detoksifikasi.  Kandungan serat dan berbagai macam kandungan lainnya dalam buahini dapat mengikis dan membuat berbagai macam zat tidak berguna yang ada di dalam tubuh, seperti lemak berlebih, dll. Mengkonsumsi secara rutin akan membuat berbagai macam zat tidak berguna dalam tubuh akan terbuang bersama sisa kotoran lainnya, dan membuat tubuh menjadi semakin sehat dan daya tahan tubuh akan makin meningkat.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan minyak atsiri dalam buah pala ini dapat menghilangkan bau mulut selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan gusi dan juga gigi terhadap berbagai macam kuman dan bakteri. Dengan demikian maka gigi Anda akan senantiasa sehat.

  1. Mencegah leukemia

Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi buah pala secara rutin dapat mengurangi sel kanker yang dapat menyebabkan leukimia. Caranya sangat mudah, sesorang harus mengkonsumsi air rebusan buah pala atau ekstrak buahpala secara rutin.

  1. Menyehatkan kulit

Buah pala mengandung suatu zat yang disebut dngan scolopetin yang berfungsi sebagai anti radang dan juga anti alergi. Mengkonsumsi secara rutin dapat menyembuhkan luka bekas cacar, luka gores, luka bekas jerawat, dll.

Jadi manfaat buah pala tidak hanya terletak pada bijinya saja yang biasa digunkan sebagai bumbu masakan, namun daging buah pala juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts