Kenali 7 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

buah tin

buah tin

buah tin

buah tin

Buah tin adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di kawasan Asia Barat dengan bentuk pohon yang batangnya bisa mencapai 10m, daun besar dan berlekuk, serta buah yang terlindung dasar bunga. Buah tersebut dapat diolah menjadi bermacam bentuk selain dikonsumsi secara mentah untuk mendapatkan khasiatnya dalam tubuh. Dalam dunia kesehatan buah tin mengandung berbagai macam senyawa seperti betakaroten, benzaldehida, omega 3, omega 6, fenol, psolaren, dan lainnya sehingga banyak orang yang mencari buah tersebut untuk menyembuhkan penyakit seperti:

Mencegah gejala asam urat

Berbagai gejala asam urat seperti nyeri, mual, lemas, hingga demam bisa diatasi dengan buah yang dipercaya mengandung senyawa kalsium, sulfur, magnesium, hingga yang lainnya. Hal itu karena senyawa mineral yang ada dalam buah akan meningkatkan ketahanan tubuh serta meluruhkan endapan kristal asam urat dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol tinggi

Saat Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, bahaya kolesterol tinggi akan sangat membahayakan kesehatan Anda, itulah sebabnya Anda membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung pektin, fenol, dan betakaroten untuk menghancurkan endapan kolesterol dalam darah. buah ara atau tin akan sangat bermanfaat ketika Anda konsumsi setidaknya 200 gram per hari.

Mengatasi anemia

Ketika Anda sering mengalami gejala seperti mual, pusing, mudah lelah dan lemas, ada kemungkinan Anda menderita anemia karena hemoglobin darah kurang mengikat oksigen. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi buah tin secara teratur dikombinasikan dengan apel dan mangga untuk menambah asupan zat besi dan mengurangi rasa lelah.

Memperbaiki sistem pencernaan

Ketika Anda termasuk orang yang sering sembelit atau susah buang air besar, mengkonsumsi buah ara atau tin 200 gram per hari akan membantu menguatkan saluran pencernaan dan mengikis kotoran yang menempel di dinding usus. Buah ini juga akan membantu sistem pencernaan untuk bisa menyerap nutrisi lebih banyak agar daya tahan tubuh semakin kuat.

Menanggulangi kanker prostat

Buah ara atau tin yang belum cukup matang sangat baik digunakan untuk penyembuhan kanker prostat, terlebih setelah penderitanya melakukan operasi. Buah yang satu ini akan menambahkan senyawa fenol, benzaldehid, dan coumarin kedalam tubuh saat dikonsumsi 300 gram per hari. Ketiganya akan meregenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan sel yang dianggap abnormal. Ketiga senyawa tersebut juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama pengobatan sehingga berbagai gejala yang mungkin dialami selama penyembuhan kanker tidak akan muncul.

Mengatasi insomnia

Buah yang memiliki warna mirip pomegrante ini mampu membantu mengatasi insomnia, ketika Anda meminum 300ml jus atau menyeduh air perasan buah yang juga dikenal dengan sebutan ara ini, Anda akan mendapatkan khasiat triptofan dan alkaloid yang membantu menetralisir hormon stres dan menenangkan saraf. Dengan demikian, Anda yang mengkonsumsi buah ara atau tin secara teratur akan mulai mendapat jam biologis yang stabil.

Mencegah diabetes

Ketika seseorang terserang diabetes, maka kemungkinan utama yang terjadi adalah kandungan gula darah dalam tubuh tidak stabil karena rusaknya hormon insulin. Ketika Anda didiagnosis menderita diabetes dan ingin menetralkan kadar hormon insulin dalam darah maupun meminimalisir penyerapan glukosa, buah tin bisa menjadi jawabannya. Mengkonsumsi 200 gram per hari yang dikombinasi dengan buah lain seperti apel dan jeruk akan menambah asupan serat serta betakaroten dalam tubuh yang menghambat munculnya gejala diabetes yang lebih serius. Semoga bahasan diatas semakin membuat Anda paham tentang khasiat buah tin.

Tags:
author

Author: 

Related Posts