Buah Apel Kaya Kandungan Nutrisi dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan

buah apel

buah apel

buah apel

buah apel

Buah Apel – Malus domestica adalah nama ilmiah dari pohon apel. Pohon apel tersebut menghasilkan buah apel yang termasuk salah satu jenis buah-buahan. Pohon apel menurut beberapa ahli adalah tumbuhan pertama yang menjadi tanaman pertanian. Buah apel terkenal dengan warna merahnya yang menyegarkan, namun tak semua buah apel berwarna merah ada yang berwarna kuning kemerahan dan hijau. Apel memiliki tekstur keras pada daging buahnya, namun memiliki sensasi berbeda saat menggigitnya dan sedikit lembek pada kulitnya. Biji buah apel terdapat ditengah-tengah daging buah.

Buah apel mengandung senyawa pektin. Selain itu dalam 100 gram buah apel terdapat banyak sekali nutrisi, diantaranya adalah Vitamin B1 (0,04 mg), Vitamin C (5 mg), Vitamin A (3 mg), kalium (107 mg), besi (0,12 mg), zink (0,04 mg), magnesium (5 mg), fosfor (11 mg),  kalsium (6 mg), protein (0,3 gr), lemak (0,4 gr), hidra arang (14,9 gr), kalori (58 kal), karbohidrat (13,81 gr) dan air (85,56 gr).

Banyak kandungan yang terkandung dalam buah apel juga memiliki banyak manfaat / khasiat bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat buah apel tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan dan Membantu Kerja Usus Halus

Serat yang terdapat dalam apel berfungsi dalam penyerapan air di dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan apel bermanfaat menurunkan resiko kanker usus. Buah apel juga dapat mencegah konstipasi serta gangguan lain dalam usus.

  1. Diabetes

Berikut cara menggunakan buah apel sebagai obat tradisional diabetes. Gunakan satu buah apel masak ukuran sedang, kemudian belah menjadi empat bagian. Rebus dengan air 3-4 gelas tunggu hingga mendidih sampai airnya kurang lebih menjadi 2 gelas. Saring airnya, konsumsi dua kali sehari pagi dan sore.

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Senyawa triterpenoid pada kulit apel, diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus, lever serta payudara.

  1. Menurunkan Resiko Alzheimer dan Mencegah Pikun

Mengkonsumsi apel dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Buah apel dipercaya dapat melindungi sel-sel neuron, serta dapat mengurangi resiko alzheimer atau gangguan neurodegenerative.

  1. Mencegah Katarak dan Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi buah apel yang kaya antioksidan dapat mencegah resiko katarak 10-15%. Konsumsi buah apel juga dipercaya menyehatkan mata.

  1. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut

Mengunyah secara langsung buah apel dapat merangsang produksi air liur yang berfungsi memebrsihkan rongga mulut. Zat tamin yang terkandung dalam apel mampu membersihkan plak penyebab gigi rusak.

  1. Menyehatkan Hati dan Sebagai Detoksifikasi Hati

Antioksidan dalam buah apel membantu mendetoksifikasi hati dari zar ataupun racun dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kolestrol

Dua buah apel setiap hari dapat menurunkan kolestrol serta mengurangi lemak jahat hingga 16%.

Selain yang tersebut di atas buah apel juga memiliki manfaat lain yaitu menyehatkan payudara, mengobati dan mencegah anemia, mengembalikan stamina tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, menyehhatkan jantung, mencegah dan mengobati rematik, mencegah dan mengobati penyakit ashma atau mengurangi resiko gangguan pernapasan, merawat tulang dan memberikan perlindungan pada tulang, mencerdaskan otak, mencegah parkinson, mengatasi diare, sembelit dan mencegah wasir serta cocok untuk menu diet Anda.

Demikian sedikit informasi mengenai kandungan dan manfaat buah apel. Keterbatasan waktu dan tempat membuat kami tidak bisa merinci semua manfaat yang ada, tetapi yang jelas mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat memberikan begitu banyak manfaat seperti penjelasan di atas. Selamat mencoba dan rasakan berbagai khasiat dari buah apel.

Tags:
author

Author: 

Related Posts