5 Manfaat Buah Mangga Yang Anda Harus Tahu

manfaat buah mangga

manfaat buah mangga

manfaat buah mangga

manfaat buah mangga

Manfaat buah mangga tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga bisa untuk menjaga kecantikan kulit pada wanita. Ini karena buah mangga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang baik dikonsumsi setiap hari. Buah mangga memiliki nama latin Mangifera indica yang hanya tumbuh di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Meski begitu buahmangga sangat digemari oleh masyarakat seluruh dunia karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Tidak hanya dimakan langsung tapi buah mangga juga lezat untuk dijadikan berbagai olahan seperti smoothies atau pudding.  Darikandungan nutrisinya yang melimpah ada banyak manfaat buah mangga yang bisa Anda nikmati, berikut adalah di antaranya.

Kandungan vitamin C-nya melimpah

Manfaat buah mangga yang pertama berasal dari kandungan vitamin C yang melimpah. Anda pasti tahu bahwa vitamin C adalah salah satu antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C bisa mempercepat perkembangbiakan sel-sel baru sehingga kerusakan tubuh bisa segera diperbaiki. Vitamin C yang cukup juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih baik sehingga mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.  Pada musim yang tidak tentu, mengkonsumsi mangga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena vitamin C bisa membuat sel tubuh lebih kuat menghadapi bibit penyakit. Bagi wanita, vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit tetap mulus dan elastis.

Menurunkan resiko kanker

Anda punya resiko terkena kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar? Mungkin Anda harus mulai rutin makan mangga setiap hari. Manfaat buah mangga adalah sebagai pembunuh sel kanker dengan kandunganantioksidannya seperti asam galat dan astragalin. Tubuh yang terkontaminasi radikal bebas akan  meningkatkan resiko terkena kanker apabila tidak dilawan dengan makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Mengontrol kadar kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang tinggi seakan menjadi hantu bagi sebagian besar masyarakat terutama yang sudah berusia di atas 30 tahun. Ini karena kolesterol darah yang tinggi memang berakibat pada penyakit lain yang datang mengikuti. Kolesterol tinggi identik dengan permasalahan pada jantung, asam urat, dan stroke. Mangga memiliki kandungan nutrisiyang lengkap yang cukup baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu buah mangga cocok dimakan sebagai makanan penutup untuk mengontrol kadar kolesterol dari makanan yang Anda santap.

Bagus untuk Anda yang sedang diet

Diet makanan sehat penting untuk menjaga berat badan berada di level yang ideal. Buah mangga adalah buah dengankandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan dan melancarkan buang air besar sehingga racun-racun bisa dibuang dengan tuntas. Enzim yang terdapat pada buah mangga juga bisa memecah lemak dan protein dengan baik sehingga bisa diserap untuk kebutuhan metabolisme dan mencegah adanya timbunan yang menyebabkan kegemukan.

Meningkatkan memori otak

Manfaat buah mangga terutama untuk anak-anak dan lansia adalah untuk mempertajam memori atau daya ingat pada otak.Buah mangga mengandung asam glutamin yang bisa meningkatkan daya ingat pada otak seseorang. Jika dikonsumsi oleh anak-anak maka mereka akan lebih mudah untuk menyimpan informasi yang lingkungan berikan padanya. Sementara pada lansia, mangga bisa berperan untuk mengurangi resiko orang tua mengalami pikun. Itu dia penjelasan mengenai buahmangga yang ternyata banyak berguna bagi kesehatan dan bisa siapa saja bisa merasakan manfaat buah mangga.

Tags:
author

Author: 

Related Posts