Tidak Hanya Lezat, Ini Dia Manfaat Buah Kiwi Untuk Tubuh Anda

 

buah kiwi

buah kiwi

buah kiwi

buah kiwi

Buah kiwi adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang paling banyak di antara jenis buah lainnya. Sayang konsumsi kiwi di Indonesia masih belum begitu banyak, hal ini dikarenakan buah berbentuk oval mirip telur ini memiliki harga yang cukup mahal dan distribusinya terbatas. Buah kiwi memiliki kulit kecoklatan dengan daging berwarna hijau atau keemasan dengan biji-biji kecil yang bisa dimakan. Kiwi lebih banyak digunakan sebagai campuran sup buah atau topping cake karena rasanya yang terbilang cukup unik. Buah yang memiliki nama sama dengan burung di Selandia Baru ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan meskipun ukurannya yang kecil. Apa saja manfaat mengkonsumsi kiwi?

Mengurangi resiko sakit jantung

Jantung adalah organ manusia yang paling vital yang menandakan manusia hidup atau tidak. Anda tentu tidak ingin mengalami sakit jantung karena aliran darah yang terhambat karena kadar lemak dan kolesterol yang tinggi atau karena terjadi penyumbatan dan pembekuan darah pada pembuluh darah. Buah kiwi mengandung senyawa yang bisa membantu mengencerkan darah sehingga sirkulasi darah lebih lancar. Kiwi juga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga jalan darah untuk memutari tubuh termasuk jantung lancar tanpa hambatan.

Menjaga kesehatan janin dan ibu hamil

Buah kiwi mampu untuk meningkatkan kadar asam folat  dalam tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan zat yang sangat penting untuk dicukupi selama masa kehamilan. Tidak cuma untukkesehatan ibu hamil saja, asam folat juga berperan penting untuk mengurangi resiko janin mengalami masalah seperti cacat saraf. Asam folat juga sangat baik untuk membantu perkembangan otak janin.

Membuat mata tetap cemerlang

Anda mungkin sering menghabiskan waktu di luar ruangan untuk masalah pekerjaan. Debu dan partikel halus yang masuk ke dalam mata bisa merusak jaringan yang ada pada mata apabila tubuh tidak memiliki pertahanan yang baik. Buah kiwi mengandung zat karotenoid yang bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam mata. Selain menggunakan pelindung mata saat beraktivitas di luar ruangan seperti kaca mata, perlindungan juga harus dilakukan dari dalam untuk membentengi tubuh dari sumber-sumber penyakit termasuk gangguan kesehatan mata.

Membuat kulit tampak lebih cerah

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit, tapi buah kiwi juga bisa bermanfaat bagikecantikan kulit baik untuk wanita maupun pria. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa membuat kulit Anda tampak kusam dan lelah. Kiwi mengandung vitamin C dengan jumlah yang cukup untuk bisa memberikan tenaga bagi sel-sel tubuh untuk lebih cepat beregenerasi menggantikan sel yang sudah rusak. Dengan sel-sel rusak digantikan dengan sel yang sehat maka kulit akan tetap tampak lebih cerah dan berenergi.

Membantu kerja lambung lebih cepat

Jika Anda memiliki masalah dengan lambung Anda bisa rutin mengkonsumsi buah kiwi untuk membantu kerja lambung dalam mencerna makanan. Zat yang berperan dalam kiwi untuk membantu kerja lambung adalah actinidin yang bisa membuat lambung mencerna makanan lebih cepat dan juga melarutkan makanan sehingga bisa nutrisinya bisa diserap oleh tubuh dengan lebih baik.   Dengan sistem pencernaan yang lebih baik tentu nutrisi pada makanan akan bisa diserap oleh tubuh lebih mudah sehingga sistem metabolisme mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk tetap menjaga fungsi organ-organ tubuh manusia bekerja dengan baik. Demikian adalah beberapa manfaat dari buah kiwi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts