Manfaat Mengkonsumsi Buah Kesemek Untuk Kesehatan Diri

buah kesemek

buah kesemek

buah kesemek

buah kesemek

Buah kesemek bentuknya sekilas mirip dengan buah tomat apalagi ketika masih di pohon. Tapi buah kesemek yang biasa kita jumpai mungkin sudah berwarna putih-putih karena dilumuri dengan air kapur dan diperam. Proses tersebut berguna agar kesemek bisa dimakan langsung untuk menghilangkan rasa sepatnya. Kesemek dalam Bahasa Inggris disebut dengan oriental/japanese persimmon atau disebut juga dengan buah kaki. Kaki adalah bahasa Jepang yang digunakan untukmenyebut jenis zat tannin yang dihasilkan oleh kesemek. Buah kesemek ini tidak hanya bisa dimakan langsung tapi juga bisa dibuat selai, agar-agar, es krim, juga dimanfaatkan untuk membuat arak beras di Jepang. Rasanya unik dengan warna daging jingga hingga kemerahan, buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Melancarkan buang air besar

Anda punya masalah dengan pencernaan seperti sembelit atau perut selalu terasa penuh? Anda bisa mengkonsumsi buahkesemek untuk melancarkan kembali saluran pencernaan Anda. Kandungan serat dalam buah kesemek sangat baik untukmembersihkan sisa-sisa makanan di saluran pencernaan yang membuat penyerapan nutrisi jadi kurang maksimal. Serat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama pada perut Anda sehingga Anda tidak perlu terlalu sering makan yang bisa meningkatkan berat badan. Kandungan serat pada kesemek juga berkhasiat untuk melarutkan kelebihan lemak keluar daritubuh sehingga tidak ada lagi timbunan lemak yang menyebabkan kegemukan.

Meningkatkan fungsi otak lebih baik

Jika Anda merasa sulit  untuk berkonsentrasi dan mudah lupa, buah kesemek bisa membantu Anda. Kesemek mengandung zat kolin yang bisa menjaga fungsi dan memori otak serta menjaga kesadaran lebih baik. Sehingga mengkonsumsi kesemek juga bisa mengurangi Anda terkena Alzheimer.

Mengatasi pembengkakan dan menjaga kesehatan rambut

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada ibu hamil adalah pembengkakan pada kaki karena selama berbulan-bulan membawa janin di dalam perut sehingga aliran darah ke bawah tidak begitu lancar. Untuk mengatasi pembengkakanini, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kesemek karena kesemek mengandung prydoxine yang bisa menurunkan retensi air penyebab pembengkakan. Selain mengatasi pembengkakan, kesemek juga bisa mengatasi masalah rambut yang rontok dan menjaga kulit kepala tetap subur.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kesemek mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Sumber-sumber radikal bebas seperti asap kendaraan, asap rokok, sinar matahari, dan gas-gas beracun lainnya bisa menyebabkan daya tahan tubuh Anda menurun. Kesemek bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya bisa memperkuat sel-sel di dalam tubuh untuk lebih hebat dalam melawan sel yang berpenyakit.  Selain itu kesemek juga kaya akan vitamin C yang bisa mengembalikan stamina tubuh terutama setelah sakit dan membantu untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh lebih baik.

Mencegah penuaan pada kulit

Radikal bebas tidak hanya bisa berdampak buruk pada kesehatan terutama dalam jangka waktu panjang tapi juga bisa berdampak langsung pada munculnya tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan pada kulit yang bisa dilihat adalah munculnya flek hitam, ada kerut-kerut halus di wajah, garis senyum yang semakin terlihat, kulit kering dan tidak elastis, serta bintik kecoklatan pada wajah. Kombinasi kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah kesemek mampu untukmembantu tubuh mencegah terjadi tanda penuaan. Kesemek bisa membuat kulit Anda bebas jerawat, lebih mulus, lebih cerah, dan tentunya terlihat awet muda. Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari si buah kesemek.

Tags:
author

Author: 

Related Posts