Pemanfaatan Buah Zaitun Sebagai Penghasil Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

buah zaitun

buah zaitun

buah zaitun

buah zaitun

Buah zaitun adalah salah satu jenis buah yang mampu tumbuh di daerah tropis dan menghasilkan minyak yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut tentu tak lepas dari berbagai senyawa yang terkandung didalamnya seperti protein, mineral (magnesium, kalsium, besi, fosfat, selenium), antioksidan, asam linoleat, triasilgliserol,dan lainnya. Berikut adalah berbagai pemanfaatan minyak yang diekstraksi dari buah zaitun dalam kehidupan sehari-hari.

Mengatasi kerusakan rambut

Ketika seseorang melakukan berbagai aktivitas terhadap rambutnya seperti pewarnaan, catok, atau lainnya yang tidak disertai dengan metode perawatan yang baik, tentu resiko kerusakan rambut akan semakin tinggi. Oleh karena itu, minyak yang dihasilkan oleh buah yang stau ini bisa digunakan untuk menjaga agar folikel rambut kuat sehingga tidak mudah rontokdan terhindar dari ketombe. Anda bisa menggunakan produk minyak zaitun dari ekstraksi buah dengan cara mengoleskannya setelah keramas secara teratur 3 kali seminggu. Tentunya harus ditambah dengan aktivitas pemijatan agar senyawa meresap sempurna ke permukaan kulit rambut.

Mengatasi jerawat dan bekasnya

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang cerah dan bebas jerawat. Oleh karena itu, umumnya saat menggunakan masker alami tertentu, orang yang bersangkutan juga akan mencampur masker dengan sedikit olahan minyak dari buah zaitun agar nantinya jerawat yang dialami mengempis dan bekas jerawat yang ada tersamarkan. Hal ini karena kandungan vitamin Cdan E yang ada pada minyak akan membantu meregenerasi dan mengangkat sel kulit mati serta menutrisi pori kulit.

Menghindarkan resiko penyakit jantung

Anda tentu tahu ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, maka resiko untuk menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti arteriosklerosis, hipertensi, atau stroke juga semakin tinggi. Jika Anda tetap ingin sehat, tak ada salahnya Anda mencampurkan olahan minyak zaitun yang diekstraksi secara higienis dari buah sebanyak 50ml per hari. Minyak zaitun bisa dicampurkan dalam olahan makanan panggang, bakar, atau salad yang pastinya akan membantu membersihkan endapan senyawa yang mengendap dalam pembuluh darah. Dengan demikian, pembuluh darah akan semakin mampu mengikat banyak oksigen maupun nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol

Ketika Anda mengkonsumsi olahan minyak dari buah yang satu ini, Anda akan membantu diri Anda sendiri untuk meluruhkan endapan senyawa racun yang ada didalam tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol yang sempat meningkat karena Anda tidak mampu menjaga pola makanan Anda bisa diturunkan dan pastinya hal tersebut secara tidak langsung juga akan membantu menjaga kesehatan jantung.

Mencegah diabetes

Pada saat Anda tidak bisa mengontrol diri Anda sendiri untuk mengkonsumsi aneka makanan manis, maka bukan tidak mungkin resiko diabetes akan mengancam Anda. Dalam hal ini, minyak yang dihasilkan oleh buah akan bermanfaat dalam menekan penyerapan gula dan menggantinya dengan nutrisi serat, mineral, dan vitamin yang lebih berguna untuk pengaturan metabolisme sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Meminimalisir resiko keracunan obat

Adakalanya Anda juga akan mengkonsumsi obat antibiotik ataupun obat lainnya ketika Anda lebih percaya dengan obat medis dibanding bahan alami. Namun demikian, tumpukan senyawa kimia dari obat juga akan menimbulkan efek negatifbagi tubuh terutama dengan organ hati dan ginjal. Oleh karena itu, komponen minyak dari buah akan membantu meluruhkan senyawa racun dalam bentuk keringat, feces, atau urine serta meningkatkan kinerja organ dalam hal detoksifikasi. Semoga bahasan diatas semakin membuat Anda paham tentang pemanfaatan buah zaitun.

Tags:
author

Author: 

Related Posts