Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Buruk Buah Durian bagi Kesehatan

buah durian

buah durian

buah durian

buah durian

Buah Durian merupakan salah satu jenis buah populer  yang disukai oleh hampir semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, dewasa sampai orang tua. Bagi Anda yang juga menyukai buah yang mempunyai aroma yang khas ini, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya karena ditakutkan akan berakibat buruk pada kondisi tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan, ciri-ciri buah durian beserta kandungan didalamnya yang sangat bagikesehatan dan juga efek buruk yang mungkin ditimbulkan.

Kandungan Buah Durian

Mengenali buah durian tidaklah sulit, buah ini begitu khas dengan kulit berduri tajamnya dan juga aroma yang menyengat. Daya tarik dari buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini adalah rasa dagingnya yang enak dan juga kandungan gizinya yang cukup lengkap, tidak mengherakan jika buah ini juga dikenal dengan nama ‘king of fruit’. Buah durian mengandung karbohidrat, serat, protein, phytonuritien, zat besi, riblovafin, vitamin C, vitamin B, thiamin, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, seng, omega 3 dan omega 6, polyphenol, organosulfur dan tryptophan.

Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah durian sangat diperlukan oleh tubuh salah satunya adalah phytonutreient. Kandungan phytonutreient pada buah durian disebut-sebut berperan sebagai zat anti kanker dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas sehingga membantu untuk dapat tampil lebih awet muda. Selain bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh untuk selalu sehat dan juga fit selama beraktivitas, masih banyak lagi manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah:

  • Kandungan vitamin B6 dapat mencegah timbulnya depresi dengan cara memproduksi serotonin yang merupakan hormon bahagia.

  • Kandungan kalsium, vitamin B1 dan vitamin B2 serta kalium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain itu kandungan vitamin B2 juga efektif dalam mengatasi migrain.

  • Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, membuat durian efektif dalam menambahkan energi bagi tubuh secara instan. Kondisi ini akan membuat Anda tidak cepat capek saat harus melakukan aktivitas sepanjang hari yang tidak hanya menguras tenaga tetapi juga pikiran.

  • Serat pada durian dapat membantu dalam memperlancar sistem pencernaan.

  • Kandungan zat besi, tembaga dan folat pada durian efektif dalam mengatasi anemia.

Selain itu Durian juga dapat mengatasi penyakit ruam kulit, penyakit kuning, meningkatkan nafsu makan dan masih banyak lagi.

Efek Buruk dari Buah Durian bagi Kesehatan

Efek buruk yang dapat ditimbulkan dari buah yang berasal dari Asia Tenggara ini berlaku bagi mereka yang menderita penyakit tertentu dan karenanya dilarang untuk makan buah tersebut salah satunya adalah penderita diabetes melitus. Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, kandungan gula pada buah durian juga dinilai cukup tinggi dinilai dapat berpotensi meningkatkan kadar glukosa darah. Selain itu sebaiknya para penderita jantung dan juga mereka yang mempunyai darah tinggi menghindari untuk mengkonsumsi buah durian, hal ini dikarenakan kandungan kolesterol pada buahdurian yang tinggi. Mengkonsumsi buah durian juga tidak disarankan bagi ibu hamil karena buah durian mempunyai sifat panas seperti pada makanan tape.

Selain itu efek negatif bagi tubuh juga dapat muncul jika durian dikonsumsi secara berlebihan, makanlah buah durian sewajarnya sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah yang dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda dan memaksa Anda untuk berhenti mengkonsumsi buah yang lezat ini.

Tags:
author

Author: 

Related Posts