Cara Membuat Jus Buah yang Enak dan Baik untuk Tubuh

jus buah

jus buah

jus buah

jus buah

Jus buah merupakan sebuah cairan yang berasal dari hasil perasan secara alami buah-buahan dengan cara diblender lembut, jus dikenal masyarakat sebagai minuman yang menyegarkan. Biasanya untuk menambah rasa, jus seringkali ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti pemanis sampai daun mint dan  beberapa cc air atau es batu sehingga menghasilkan minuman yang tidak hanya enak tetapi juga  menyegarkan.

Mengingat jus buah dibuat dari buahbuah utuh yang kaya akan air dan berbagai jenis nutrisi yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tidak sedikit yang mengkonsumsi jus buah secara rutin. Namun jika cara pembuatan jus dilakukan dengan cara yang salah maka kemungkinan manfaat yang dapat diperoleh menjadi kurang maksimal atau justru menimbulkan efek samping yang merugikan. Untuk itu berikut ini adalah tips membuat jus buah yang benar yaitu:

  • Pilih Buah-buahan yang Segar

Pilihlah buah-buahan yang masih segar, selain dimaksudkan untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, kualitas kandungan vitamin pada buah segar juga sangat baik bagi tubuh. Buah-buahan yang tidak segar kemungkinan besar kandungan nutrisi didalamnya sudah mengalami kerusakan sehingga manfaat yang akan diperoleh menjadi tidak maksimal.

  • Sebisa Mungkin Hindari Menambahkan Pemanis

Menambahkan larutan gula kedalam jus buah, sudah menjadi hal yang wajar dikalangan masyarakat padahal tindakan tersebut dapat berefek buruk pada tubuh terutama bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet yang justru akan menambah kadar kalori didalam tubuh. Sebenarnya penambahan pemanis tidak diperlukan dalam pembuatan jus buah, mengingat buah sudah mengandung gula buah atau fluktosa.

  • Segera Konsumsi Jus yang Sudah Dibuat

Sebaiknya segera konsumsi jus yang sudah Anda buat, karena jika dibiarkan terlalu lama maka kandungan vitamin yang terdapat dalam jus berpotensi mengalami kerusakan akibat terpapar oleh ultraviolet dan oksigen, sehingga manfaatnya pun dapat berkurang. Selain itu rasanya pun menjadi tidak enak.

Jika tidak memungkinkan untuk secara langsung mengkonsumsi jus setelah Anda membuatnya maka tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melindunginya dari cahaya dan udara disekitarnya yaitu dengan memasukkannya pada tempat minuman berbahan alumunium kemudian ditutup dengan rapat. Atau Anda dapat menutup gelas yang berisi jus buah kemudian menyimpanya didalam lemari pendingin. Suasana yang dingin dan terlindung dari cahaya akan mempertahankan kualitas vitamin pada jus selama kurang lebih empat jam.

  • Membuat Jus Enak dengan Tampilan yang Cantik

Ada beberapa cara untuk mendapatkan cita rasa yang enak sekaligus mendapatkan tampilan jus buah yang cantik tetapi tetap aman untuk dikonsumsi, caranya adalah dnegan menggunakan jenis buah yang bervariasi. Selain itu mengkombinasikan beberapa buah-buahan juga berpotensi membuat jus yang Anda buat mengandung mineral dan vitamin yang lebih beragam sehingga kebutuhan tubuh akan berbagai nutrisi pun dapat dipenuhi dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Namun disarankan untuk berhati-hati dalam mencampur berbagai jenis buah-buahan ini mengingat tidak semua jenis buahcocok untuk dikombinasikan salah satunya adalah lebih baik menghindari mencampurkan buahbuah yang memiliki aroma yang sama-sama tajam. Ada beberapa buah yang sering dikombinasikan yaitu buah apel dengan jeruk atau buah apel dengan pisang atau buah nanas dengan jambu, menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dapat menambah cita rasa pada jus tersebut sedangkan mengkombinasikan buah nanas dengan jambu yang berwarna merah muda dapat menghasilkan kombinasi warna yang menarik. Untuk sensasi menyegarkan Anda dapat menggunakan es serut atau air es yang dimasukkan bersama buah-buahan kedalam blender atau dapat pula dengan menambahkan potongan es batu ketika jus sudah selesai dibuat.

Demikian cara membuat jus buah yang benar, tidak hanya dapat menikmati minuman yang enak dan segar tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Namun walaupun sangat menyukai mengkonsumsi sari buah, Anda harus tetap melengkapinya dengan juga mengonsumsi buah utuh mengingat kandungan vitaminnya yang lebih besar dari pada jus buah.

Pencarian Terkait

Tags:
author

Author: 

Related Posts