Macam-Macam Buah Penurun Darah Tinggi

buah penurun darah tinggi

buah penurun darah tinggi

buah penurun darah tinggi

buah penurun darah tinggi

Atasi Hipertensi dengan Buah

Apa saja buah penurun darah tinggi yang efektif? Sebesar 60% penderita hipertensi memang berujung dengan stroke. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Tetap berpikir positif agar kondisi kesehatan tidak drop. Sebenarnya ada sejumlah cara dapat diupayakan seperlu mengatasi darah tinggi. Adapun hal penting pertama yaitu mengubah menu diet harian menjadi lebih sehat. Hindari mengonsumsi lemak jenuh dari makanan yang digoreng atau dari lemak daging olahan. Ganti menu berminyak dan berlemak dengan menu sehat seperti sayur dan buah segar.

Berkaitan dengan menu sehat, beberapa buah ternyata diketahui efektif menurunkan darah tinggi. Sehingga baik dikonsumsi rutin seperlu membantu menyeimbangkan tekanan darah. Buah apa saja yang dimaksud? Berikut diberikan beberapa diantaranya:

  • Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah asli New Zealand. Buah bertekstur lembut ini bisa dikonsumsi sebagai buah penurun darah tinggi karena tingginya kandungan potassium dan zat luten yang dapat mengendalikan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi kiwi secara langsung ataupun menjadi campuran salad, jus, atau olahan sehat lainnya.

  • Tomat

Dalam tomat terdapat kandungan vitamin C, potasium, dan serat. Sementara dalam 1 mangkok tomat hanya terkandung 9 mg sodium. Hal ini berarti tomat aman dikonsumsi sebagai menu diet sodium yang sehat. Pasalnya tubuh tetap membutuhkan sodium meskipun dalam kadar minimal. Dari hasil penelitian diketahui tomat dapat menurunkan tekanan darah. Lebih rincinya tomat membantu menurunkan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik dan 10 poin tekanan darah sistolik.

  • Mengkudu

Mengkudu memiliki kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja seperti vitamin, protein, mineral, dan masih banyak lagi senyawa bermanfaat lainnya. Adapun fungsi menurunkan tekanan darah tinggi dimiliki oleh senyawa scopoletindan proseronin. Kedua senyawa tersebut konon ampuh melenturkan sekaligus melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Selain itu, ada pula kandungan nutrasetikal yang ampuh mengontrol sirkulasi darah dalam sel tubuh.

  • Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blackberry, raspberry, dan blueberry baik dikonsumsi sebagai buah penurun darah tinggi. Hal ini karena buah beri terkenal akan kandungan potasiumnya dalam kadar tinggi. Dalam 1 mangkuk buah beri terkandung 200 mg potasium. Adapun penderita hipertensi membutuhkan asupan protein 4700 mg per harinya seperlu mengatasi darah tinggi. Selain itu, dalam buah beri juga terdapat vitamin C dan serat tinggi.

  • Jeruk

Tentu bukan rahasia umum bila jeruk kaya vitamin C. Tidak hanya vitamin C, tetapi jeruk juga kaya kandungan serat, potasium, dan rendah sodium. Dalam rangka menurunkan darah tinggi, buah jeruk bisa dikonsumsi langsung setiap hari. Namun, mengolah jeruk menjadi jus segar juga tidak menjadi soal.

  • Alpukat

Buah penurun darah tinggi berikutnya adalah alpukat. Hal ini karena dalam alpukat terdapat kandungan asam oleat dan beta sitosterol yang ampuh mengendalikan tekanan darah sekaligus mengikat kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengonsumsi buah alpukat atau mengolahnya menjadi jus buah yang segar.

  • Apel

Tingginya kandungan potasium dalam apel memiliki peran penting dalam menyeimbangkan tekanan darah. Demikian pula dengan kandungan pectin yang diketahui membantu melancarkan peredaran darah.

Demikian beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi seperlu mengendalikan tekanan darah tinggi. Menu diet sehat dan gaya hidup sehat tentunya juga perlu dibiasakan guna mengoptimalkan pengonsumsian buah penurun darah tinggi.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts