Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

buah plum

buah plum

buah plum

buah plum

Manfaat Buah Plum

Buah plum mungkin belum begitu populer. Buah yang konon memiliki banyak manfaat kesehatan ini berasal dari Cina dantermasuk buah import berkelas. Harganya dibandrol cukup mahal yang mana setara dengan kandungan gizi di dalamnya.

Kandungan gizi plum memang tidak ada duanya. Plum memiliki senyawa menyegarkan dan menyehatkan. Adapun dalam buah plum terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

  • Mineral lengkap seperti fosfor, fluor, zat besi, magnesium, kalsium, dan seng.

  • Asam askorbat dan asam folat.

  • Antioksidan.

  • Serat tinggi.

  • Rendah kalori dan tidak ada kandungan lemak jenuh.

Manfaat Buah Plum

Kandungan gizi dalam buah plum seperti yang sudah disebut di atas bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Sejumlah ahli gizi pun menyarankan agar rutin mengonsumsi plum lantaran membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Tidak hanya itu saja. Masih ada sejumlah manfaat lainnya, yaitu:

  • Mencegah Radikal Bebas

Ancaman radikal bebas sekarang ini semakin ketara. Bila tidak memiliki daya tahan tubuh kuat sebagai benteng pertahanan, radikal bebas dapat merusak dan mengundang penyakit. Adapun dalam plum terdapat kandungan vitamin C, fitonutrisi, asam neochlorogenic, klorogenat, zea xanthin, dan cryptoxanthin yang mampu menangkal radikal bebas.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Menginjak usia dewasa tulang menjadi semakin berisiko mengalami osteoporosis. Sementara bila seseorang mengalami osteoporosis berarti tulang keropos yang menyebabkannya tidak bisa berjalan. Dalam hal ini Anda bisa berupaya mengonsumsi plum seperlu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena dalam plum terkandung zat yang bermanfaat seperti zat anabolik, flavonoid, polifenol, dan kalium.

  • Mengobati Obesitas

Jangan anggap remeh obesitas. Pasalnya kegemukan berpotensi memicu sejumlah penyakit komplikasi lain seperti kolesterol, stoke, diabetes, dan jantung. Karena itu, bila Anda bermasalah dengan obesitas upayakan untuk segera mengatasinya. Adapun buah plum diketahui kaya serat yang efektif membantu memangkas lemak selama proses diet. Lebih dari itu. Bila dikonsumsi rutin plum juga dapat menghindarikan dari komplikasi obesitas dengan memanfaatkan kandungan zat bioaktif di dalamnya.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tingginya serat yang terkandung dalam plum bermanfaat membantu sistem pencernaan. Mengonsumsi plum secara rutin terbukti menghindarikan dari risiko sembelit. Manfaat ini dimiliki plum juga karena adanya kandungan senyawa sorbitol yangmembantu usus dalam menjalankan tugasnya. Ada pula seyawa isatol yang membantu mengatur sistem pencernaan. Bila kedua senyawa tersebut berpadu secara apik, maka sangat efektif sebagai obat pencahar alami seperlu mendorong sekresi cairan di dalam usus dan meningkatkan pembilasan limbah pada usus besar.

  • Meredakan Depresi

Manfaat plum memang amat lengkap. Adanya kandungan asam chlorogenic, anxiolytic, dan antioksidan membantu meredakan depresi. Rasa cemas berlebih juga dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi buah plum.

  • Membantu Pembekuan Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam plum terdapat kandungan vitamin lengkap. Adapun salah satunya vitamin K. Vitamin K amat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah dalam tubuh.

  • Mengatasi Diabetes

Beberapa buah seperti sawo, mangga, dan semangka memiliki kandungan glukosa alami yang mesti dihindari penderita diabetes. Pasalnya kandungan glukosa alami tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah. Berkebalikan dengan plum ternyata malah efektif mengatasi diabetes. Plum dapat membantu mengatasi diabetes dengan cara menekan glukosa danmeningkatkan trigliserida dalam tubuh. Selain itu, zat flavonoid dalam plum pun juga memberi perlindungan pada kadar insulin sekaligus meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh. Karenanya bagi penderita diabetes buah plum aman dikonsumsi.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts