5 Cara Kreatif dan Segar Menyajikan Buah Segar

buah segar

buah segar

buah segar

buah segar

Buah segar merupakan sumber kandungan mineral dan vitamin yang membawa banyak manfaat untuk tubuh dan bisa menjadi hidangan yang segar dan enak. Menyajikan buah tidak bisa dilakukan sembarangan jika kita masih menginginkan kandungan mineral dan vitaminnya tetap utuh dan maksimal. Berikut ini beberapa cara kreatif untuk menghidangkannya tanpa mengurangi nilai kandungan dalambuah.

Sate Buah

Pada dasarnya hal ini tidak jauh berbeda dengan menu buah segar lokal yang sudah lama kita kenal seperti rujak atau lotis. Sate buahdapat dibuat dari berbagai buah lokal, impor, atau kombinasi dari keduanya. Kombinasi rasa dan tekstur akan membuatnya lebih enak. Contohnya, kombinasikan rasa manis, asam, sedikit pahit atau sepat. Kombinasikan pula tekstur lembut, keras, liat, dan renyah. Taburi sedikit gula pasir. Sebagai alternative untuk gula pasir, Anda bisa mencoba menghidangkannya dengan saus coklat. Hidangan ini baikuntuk semua umur dan akan sangat menarik minat anak-anak. Selain cocok untuk hidangan penutup, sate buah ini bisa disajikan untukhidangan bagi tamu.

Smoothie

Smoothie pada dasarnya adalah jus buah tetapi dengan tambahan beberapa bahan. Anda dapat menggunakan satu jenis buah segar sebagai bahan utama, tetapi kombinasi dua atau tiga jenis buah bisa menjadi ide menarik. Contohnya, Anda bisa mengkombinasikanbuah anggur dan apel, atau mangga dan belimbing. Anda mungkin perlu mencoba hasil dari kombinasi tersebut lebih dahulu. Tambahkan cukup susu dan jangan tambahkan terlalu banyak gula. Hal ini untuk mencegah rasa yang terlalu manis dan kelebihan glukosa di dalamnya. Smoothie memiliki tekstur lebih kental daripada jus buah biasa. Untuk bayi yang baru belajar makan, susu dalam smoothiebisa diganti dengan ASI.

Salad Buah

Buah potong selalu menarik, tetapi salad buah segar merupakan ide yang lebih menarik. Agar lebih sehat, Anda bisa menambahkan beberapa jenis sayuran yang cocok seperti tomat, jagung manis, dan timun. Salad buah biasanya terdiri dari buah dan sayur yang dipotong-potong dengan ukuran yang pas untuk dimakan, dan disajikan dalam mangkuk. Untuk dressing, Anda bisa menggunakanmayonnaise, saus sambal atau tomat, krim keju, susu kental manis, dan tambahkan oregano atau daun parsley. Penggunaan daun-daun bumbu merupakan resep dari Barat untuk menambah rasa dalam salad. Salad buah tidak harus dihidangkan dingin tetapi harus segar dan baru.

Es Buah

Hidangan buah segar ini juga merupakan alternatif sehat karena Anda tidak perlu memasak buahnya. Penggunaan air matang merupakan keharusan, tetapi buah hanya perlu dipotong-potong dalam ukuran yang tepat. Anda akan memerlukan tambahan bahan pelengkap seperti susu kental manis, sirup gula, es batu, dan mungkin jus lemon untuk menambah kesegaran. Sirup gula sangat disarankan dalam menu iniuntuk mencegah gula tidak tercampur sempurna pada air dingin. Jika Anda sudah menggunakan cukup sirup gula, jangan tambahkan terlalu banyak susu kental manis. Hidangan yang terlalu manis bukan hidangan yang sehat. Es buah merupakan hidangan tepat saat berbuka puasa, acara khusus, dan hidangan penutup makan siang Anda.

Es Krim Buah

Hidangan ini dapat dbuat dengan beberapa cara. Sebagian besar orang menggunakan resep es krim biasa dan menambahkan perasabuah di dalamnya. Untuk hidangan yang lebih sehat, Anda bisa mencoba membuat es krim buah segar dari smoothie. Dari resep aslismoothie, Anda hanya memerlukan sedikit tambahan susu dank rim kocok. Setelah mencampur seluruh bahan tersebut, Anda perlu menyimpannya dalam mesin pendingin selama 6-8 jam. Selain bisa bereskperimen dengan varian dan kombinasi rasa, es krim buah ini lebih terasa segar, sehat karena mengandung buah asli, dan Anda bisa mengendalikan kandungan gula di dalamnya. Anak-anak akan sangat menyukainya dengan tambahan pudding buah.

Ide-ide tersebut di atas bukanlah ide-ide asing, dan tidak sulit dilakukan. Pastikan Anda hanya menggunakan buah yang masih segar dengan kematangan sempurna dan tidak mengandung pestisida, serta bahan-bahan pelengkap yang segar dan sehat. Untuk memberikan tambahan mineral dan vitamin untuk keluarga, sajikan menu-menu tersebut dengan buah segar.

Tags:
author

Author: 

Related Posts