6 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Rutin Makan Buah Pir

buah pir

buah pir

buah pir

buah pir

Buah pir adalah buah yang tumbuh dari pohon dengan nama sama. Pir dalam bahasa Inggris disebut dengan pear dan berasal dari hutan tropis di Eropa Barat, Asia,dan juga Afrika Utara. Buah pir yang biasa kita konsumsi warnanya kuning pucat dengan bintin-bintik kecil di seluruh permukaan tubuhnya. Padahal ada lebih dari 30 spesies pir yang buahnya bisa dimakan dengan berbagai warna kulit misalnya hijau dan hijau kemerahan seperti yang banyak beredar di Amerika.

Buah pir punya rasa yang manis dan tekstur agak kasar seperti pasir dengan kandungan air yang cukup banyak sehingga santa bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pir banyak mengandung serat dan antioksidan sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh. ini saatnya Anda rajin mengkonsumsi buah pir karena manfaatnya yang besar seperti berikut ini.

Membantu penyerapan vitamin

Untuk bisa menyerap vitamin dan mineral dari sumber makanan lebih baik, tubuh memerlukan serat di saluran pencernaan. Buah pir bisa memenuhi kebutuhan serat hingga 25% setiap harinya sehingga dengan serat yang cukup pencernaan Anda akan menjadi lebih sehat dan bersih. Pencernaan yang sehat juga akan menghindarkan Anda dari penyakit diare dan sembelit.

Menjaga tekanan darah tetap normal

Kandungan buah pir yang berperan untuk menjaga agar tekanan darah normal adalah kalium. Kalium dalam tubuh bisa membuat detak jantung lebih teratur sehingga darah dipompa dengan ritme yang teratur dan tekanan pembuluh darah yang normal. Kandungan dalam pir yang juga berguna untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit  jantung adalah anti karsinogen glutathione.

Mencegah stroke dan penyakit jantung

Kedua jenis penyakit tersebut adalah jenis penyakit yang banyak ditakuti oleh manusia karena bisa menyebabkan cacat permanen hingga kematian seketika. Menurut hasil penelitian yang dirilis oleh American Heart Association menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pir sekali sehari bisa menurunkan resiko terkena stroke hingga 52%. Selain itu ditemuka pula bahwa pir bisa mengurangi resiko penyakit jantung karena kandungan flavonoidnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C adalah salah satu kandungan paling penting yang terdapat pada buah pir. Pir bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda hingga 10% yang berperan penting untuk membuat sel-sel di dalam tubuh menjadi lebih kuat dan membangun sistem pertahanan tubuh yang lebih tangguh. Dengan kebutuhan vitamin Ca yang tercukupi maka tubuh Anda akan lebih kebal terhadap segala bentuk penyakit yang mudah menyebar dan juga infeksi yang bisa merusak sistem tubuh Anda.

Mencegah pengeroposan tulang

Tulang yang keropos atau disebut dengan osteoporosis umumnya lebih banyak terjadi pada kaum wanita di atas 40 tahun atau setelah masa menopause. Pengeroposan tulang terjadi karena tubuh kekurangan kalsium sehingga tubuh mengambil cadangan kalsium dari tulang dan gigi. Padahal kalsium sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Kandungan pada buah pir yang mampu membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik adalah boron. Dengan dipadukan dengan mengkonsumsi makanan kaya kalsium, maka tulang Anda bisa tetap kuat dan padat hingga hari tua.

Merawat kecantikan kulit

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam buah pir sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkan pir tidak hanya sebagai buah konsumsi tetapi juga bisa dijadikan masker, pelembab, atau scrub alami untuk menjaga kulit dari luar. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi oleh pir adalah masalah jerawat, kulit yang kering, dan juga mengatasi masalah kulit berminyak. Demikian adalah beberapa alasan mengapa Anda harus rutin untuk mengkonsumsi buah pir.

Tags:
author

Author: 

Related Posts