9 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jamblang

buah jamblang

buah jamblang

buah jamblang

buah jamblang

Jika dilihat dari bentuknya, buah jamblang ini mirip dengan buah anggur hitam, yang berbeda adalah rasa dari buah ini manis. Di Indonesiabuah ini memiliki berbagai macam nama, ada yang menyebutnya dengan buah jamblang ada yang menyebutnya dengan buah juwet, duwet, dll, sedangkan nama ilmiah dari  buah ini adalah Syzygium cumini. Buah yan satu ini memang tidak terlalu terkenal, jika dibandingkan dengan buah lainnya, seperti buah anggur, strawberry, sirsak, dll. Namun jangan salah, buah jabang ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh seperti :

  1. Mengobati diabetes

Buah ini memang mmiliki rasa manis, akan tetapi indeks glikmik dari buah ini cukup rendah, membuat buah ini dapat digunakan untukmengatasi diabetes. Kini buah ini juga sedang dikaji sebagai salah satu buah alternatif untuk mengatasi diabetes. Mengkonsumsi secara rutin tentunya dapat menurunkan resiko terkena komplikasi diabetes.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan juga kepadatan tulang

Buah ini juga kaya akan kalsium, kalium, zat besi, vitamin C, dll. Itu sebabnya ketika sesorang mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit akan meningkat dan kepadatan tulang akan terjaga.

  1. Mengatasi penyakit jantung

Kandungan lain dalam buah ini adalah ellagitannins, anthochyanins, dll. Kandungan –kandungan ini berfungi sebagai anti inflamasi. Beberapa senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah oksidasi kolesterol dan adanya plak pada jantung. Buah ini juga mengandung kalium yang cukup tinggi, yaitu 55 mg/100gr buah jamblang, yang membuat buah ini mampu mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

  1. Obat infeksi

Selain buah, bagian lain yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian, kulit, batang dan juga biji. Bagian-bagian tersebut dapat dipergunakan untuk mengobati infeksi karena masuknya bakteri ke dalam tubuh. Kandungan asam malat, asam oksanat, asam galat dan juga tanin, mampu berfungsi sebagai anti malaria, gastroproteksif dan juga anti bakteri.

  1. Menjaga kesehatan mulut dan memperlancar sistem pencernaan

Sudah sejak dahulu daun jamblang digunakan untuk mengatasi diare dan juga maag, hal itu karena daun jamblang mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga dapat menjaga kesehatan mulut.

  1. Mencegah kanker

Berdasarkan sebuah penelitian di lakukan oleh Jagetia GC, mengkonsumsi ekstrak buah jambalng dapat menghambat radiasi radikal bebas, yang dapat membuat sel kanker muncul di dalam tubuh.

  1. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada buah ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi anemia. Dengan adanya kandungan vitamin C dan zat besi pastinya akan membuat kualitas sel darah merah menjadi lebih baik, dan sistem perdaran darah juga akan semakin baik.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Kandungan vitamin C pada buah ini dapat membuat kesehatan kulit semakin terjaga. Salah satu kandungan yang terdapat dalam vitamin C adalah kolagen, dan kolagen ini berfungsi untuk membuat sel-sel kulit baru dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Kandungan ini juga akan membantu proses penyembuhan jerawat, dan luka yang diakibatkan oleh jerawat.

  1. Antioksidan

Buah ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Seperti diketahui bersama antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang ada di alam saat ini. Dengan mengkonsumsi buah jamblang secara rutin tentunya akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih terjaga, dan berbagai macam penyakit pun tidak akan mudah masuk kedalam tubuh.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts