Arti 9 Buah Roh Dalam Kehidupan

buah buah roh

buah buah roh

buah buah roh

buah buah roh

Umat kristiani meyakini bahwa buah buah roh yang dimaktub dalam Galatia 5: 22-23 adalah sifat-sifat yang dimiliki Tuhan mereka. Buah roh ini sendiri memiliki 9 jenis buah yang sangat diagungkan karena dianggap sebagai sembilan sifat tuhan. Sebagai 9 sifat Tuhan yang ada dalam kitab suci, sudah seharusnya pemeluk kristiani menjadikan buah roh ini selalu ada dalam kehidupannya. Saat sembilan sifat ini ada dalam kehidupan pemeluk kristiani, maka kehidupannya akan dapat tumbuh menjadi kehidupan Tuhan yang akan membuatnya bahagia.

Delima dan pohon pacar

Dalam 9 jenis buah roh yang ada dalam alkitab, masing-masing buah roh dilambangkan dengan sesuatu yang dianggap sepadan dengan maknanya. Dalam 9 sifat Tuhan, buah delima dilambangkan sebagai rasa kasih. Bagi pemeluk kristiani, rasa kasih ini adalah kekuatan yang dimilikinya untuk dibuat membantu orang lain. Mendahulukan orang lain, tidak mementingkan diri sendiri hingga bersedia menanggung segala sesuatu demi orang lain.

Sementara pohon pacar dilambangkan sebagai sukacita. Bagi umat kristiani, kesukaan Tuhan menjadi kekuatannya. Sehingga umat kristiani harus dengan sukacita melakukan pembersihan sekaligus menyembuhkan roh dari berbagai luka hati. Tidak hanya luka hati tapi juga dendam, rasa benci hingga stress atau depresi akibat berinteraksi dengan orang lain.

Narwastu dan Kunyit

Narwastu dipakai sebagai perlambang damai sejahtera. Makna dari rasa damai sejahjtera ini sendiri adalah kekuatan ataukemampuan yang dimiliki umat kristiani saat menjalani badai dan cobaan dalam kehidupannya. Menjadi goyah dan takut seharusnya tidak lagi dialaminya saat memiliki sifat Tuhan. Ragu dan gentar saat menghadapi musuh seharusnya juga tidak ditunjukkan saat umat kristiani memiliki Tuhan.

Selain narwastu, 9 sifat Tuhan juga dilambangkan dengan kunyit. Makna kunyit ini sendiri adalah kesabaran. Setiap umat kristiani yang membangun 9 sifat Tuhan dalam dirinya harus memiliki sifat sabar. Tidak menyerah dan melaksanakan tanggung jawab harus dilakukannya. Selain itu, saat harus menghadapi kesukaran, umat kristiani dituntut untuk bersabar dan menanggungnya dengan kuat.

Tebu dan kayu manis

Salah satu sifat Tuhan umat krisiatiani adalah murah hati. Sifat Tuhan yang murah hati dilambangkan dengan pohon tebu. Inti dari sifat murah hati ini adalah kekuatan untuk tidak bersikap kasar kepada orang lain. Umat kristiani harus menjadikan sabar ini dalam kehidupannya. Sehingga dalam kehidupannya berinteraksi dengan orang lain, tidak mudah bersikap jahatatau kasar.

Sementara kayu manis digunakan untuk melambangkan kebaikan Tuhan. Bagi manusia, kebaikan ini adalah kekuatan untuk bisa melakukan hal-hal yang benar. Apa yang dilakukannya selalu mempertimbangkan kebaikan orang lain. Tidak ada satupun perbuatan yang dilakukan umat kristiani yang akan menyakiti manusia lainnnya. Sehingga kebaikan ini akan mencegah keburukan menimpa manusia dalam menjalani kehidupan.

Kemenyan dan mur

Kemenyan digunakan sebagai sifat keimanan yang kuat. Keimanan ini akan membuat umat kristiani mampu mengalahkan dunia yang penuh dengan tipu daya. Selain itu dengan keimanan yang kuat, umat kristiani dapat menjalani kehidupan dengan mengalahkan bujukan setan. Termasuk ujian yang akan membuat manusia mudah goyah akan mampu dijalani dengan baik oleh manusia.

Sedangkan mur digunakan untuk melambangkan kelemahlembutan. Umat kristiani memiliki Tuhan yang selalu lemah lembut dalam perbuatan dan perkataannya. Umat kristiani haruslah memiliki kekuatan melakukan kelemahlembutan. Tidak sedikitpun memiliki keinginan balas dendam dalam kehidupan. Baik itu balas dendam dalam perbuatan ataupun ucapan.

Gaharu

Gaharu digunakan untuk melambangkan penguasaan diri. Umat kristiani haruslah memiliki kekuatan untuk menguasai diri dan tidak menuruti kehendak dirinya sendiri. Pengendalian diri ini termasuk dalam kekuatan untuk mengendalikan nafsu makan dan juga perasaan yang berlebihan. Karena perasaan yang berlebihan dapat menjerumuskannya dalam keburukan kehidupan. Kesembilan sifat Tuhan yang dilambangkan dengan 9 buah buah roh ini, harus diwujudkan manusia dalam kehidupannya sehingga memiliki hidup yang bahagia.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts