Asal Usul Buah Gowok

buah gowok

buah gowok

buah gowok

buah gowok

Buah Gowok adalah salah satu nama buah yang tumbuh di Indonesia. Buah ini mungkin sudah jarang ditemukan di masyarakat. Buah – buahan yang tumbuh di daerah tropis seperti di Negara Indonesia ini memang banyak. Dan salah satunya adalah buah gowok ini yang dipercaya asli dari Asia Tenggara.

Asal Buah Gowok

Buah Gowok ini yang juga bisa disebut dengan Kupa atau Kepa ini biasanya tumbuh di Pulau Kalimantan, Sulawesi dan juga pulau Jawa. Di beberapa daerah di Indonesia lainnya juga Buah Gowok memiliki nama lai seperti Kupa Beunyeur, Dompyong, bahkan Pasul. Banyak sebutan untuk satu jenis buah. Buah Gowok ini sangat mudah sekali ditemukan pada tahun 1980 hingga tahu 1990 -an di pasar – pasar tradisional. Namun, karena bersaing dengan banyaknya buah impor yangmasuk ke pasar Indonesia, makin lama buah ini menghilang dari pasar. Padahal buah Gowok ini adalah buah yang tumbuh dengan baik di Indonesia.

Buah Gowok ini termasuk dalam kelompok jambu – jambuan. Pohon dari buah Gowok ini bisa tumbuh tinggi dan juga tumbuh sedang. Tinggi dari pohon buah Gowok ini berkisar 8 hingga 2 m. Pohon ini juga bisa memiliki diameter sekitar 50 cm. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian sekitar 200 hingga 1800 m di bawah permukaan laut. Pohon Buah Gowok ini juga bisa ditanami di lingkungan pekarangan rumah dan juga lahan pertanian lainnya.

Bentuk dan Rasa Buah Gowok

Buah Gowok memiliki rasa yang menyegarkan. Di dalam buah gowok ini mengandung banyak air dan juga rasa asam. Ketika buah gowok ini baru tumbuh, kulit buah gowok berwarna merah dan memiliki kulit yang kaku. Sementara saat sudah matang, buah ini akan berwarna ungu tua. Bentuk buah gowok ini bulat namun agak lonjong. Bentuknya ini serupa dengan buah Jambu Solo yang juga bulat dan agak lonjong. Untuk ukuran buah gowok ini hanya sebesar 2 hingga 3 cm saja. Bentuk kecilnya ini kira – kira seperti buah duku. Buah gowok memiliki daging buah yang berwarna putih. Buah gowok ini tumbuh menggerombol dan memiliki kelopak yang tetap menempel pada bagian ujungnya.

Manfaat Buah Gowok

Bagian dari buah Gowok yang biasa dimanfaatkan adalah bagian daging buahnya. Daging buah gowok ini bisa menjadi bagian dari campuran buah – buahan untuk rujak bahkan untuk disetup. Buah gowok juga terdapat kandungan flafonoida dan saponin pada bagian daun dan kulitnya. Kandungan ini bisa membuat buah gowok menjadi obat herbal yang bermanfaat dan bisa menjadi penetral saat seseorang terkena pengaruh mabuk yang disebabkan oleh alkohol. Walaupun buah ini sudah jarang ditemukan, ternyata buah ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah gowok.

  • Dapat menjadi obat sakit maag.

  • Dapat menjadi obat diare.

  • Dapat menjadi obat kencing manis.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari buah gowok ini bukan hanya pada daging buahnya. Namun juga pada bagian – bagian lain dari pohonnya. Seperti bagian kayu dari pohon Gowok ini dapat dijadikan bahan untuk perabotan rumah tangga atau furniture. di  Sementara daun – daun yang tumbuh pada pohon gowok tidak mudah rontok. Walaupun ukuran pohonyang dimiliki buah gowok ini tidak terlalu besar namun, daun-daun yang tumbuh dengan rindang bisa menjadi tempat berteduh di bawahnya.

Pencarian Terkait

Tags:

Rate this article!

Asal Usul Buah Gowok,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts