Berbagai Senyawa Efektif Pada Buah Anggur Untuk Pengobatan

buah anggur

buah anggur

buah anggur

buah anggur

Buah anggur dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari mencegah resiko penyakit jantung, resiko diabetes, menjaga kestabilan kondisi janin pada ibu hamil, dan beberapa manfaat lainnya. Hal tersebut tentunya tak lepas dari berbagai jenis senyawa yang terdapat dalam buah tersebut yang pastinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah beberapa senyawa dalam buah yang umumnya dapat ditemukan dalam 3 warna seperti merah, ungu, dan hijau.

Air

Buah yang satu ini mengandung air hampir 70%, itulah sebabnya berbagai senyawa alami lain yang ada didalamnya mudah diserap dalam darah dan disalurkan ke organ tubuh yang membutuhkan. Air yang terkandung dalam buah ini juga akan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sistem pencernaan sehingga daya tahan tubuh lebih terjaga maksimal.

Glukosida

Senyawa yang satu ini bermanfaat sebagai sumber energi dan menggantikan peran glukosa berlebih yang umumnya memicu diabetes. Senyawa glukosida juga membantu menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki kinerja hormon insulin sehingga tubuh akan terlihat lebih berstamina dan enerjik.

Asam pantotenat

Senyawa alami asam pantotenat akan berperan membantu senyawa resveratrol dalam menjaga ketahanan tubuh dari infeksi bakteri ataupun mikroba lainnya. Tubuh akan dikondisikan untuk tidak mudah sakit dan dilancarkan proses metabolismenya, sehingga Anda tidak akan mudah mengalami reaksi alergi ketika ada senyawa asing yang masuk kedalam tubuh.

Polifenol

Senyawa polifenol berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa yang satu ini akan menguatkan sistem peredaran darah dan sistem pencernaan sehingga hormon maupun enzim yang dihasilkan dapat berfungsi seperti pada umumnya saat sehat. Keberadaan polifenol dalam anggur akan meminimalisir munculnya gejala penyakit jantung, diabetes, batu ginjal, dan kanker bagi orang yang mengkonsumsi 300 gram anggur secara rutin.

Resveratrol

Senyawa resvetratrol bermanfaat dalam meluruhkan endapan kolesterol atau komponen lemak jenuh yang menempel pada pembuluh darah. Komponen alami tersebut akan melebarkan pembuluh darah sehingga senyawa alami yang terserap dan diedarkan ke seluruh organ tubuh semakin banyak. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan gejala penyakit serius yang muncul bisa diminimalisir.

Asam folat

Bagi seorang ibu yang sedang hamil mengkonsumsi buah yang satu ini akan sangat menguntungkan dan menyehatkan, hal tersebut karena buah tersebut mengandung senyawa asam folat yang bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Asam folat akan menguatkan jaringan saraf sehingga para pengkonsumsi buah bisa lebih berkonsentrasi dan kuat daya ingatnya.

Asam galat

Senyawa yang satu ini bermanfaat membantu regenerasi sel tubuh yang rusak. Selain itu, asam galat juga akan membantu kinerja vitamin dan mineral dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Namun demikian, efek positif asam galat ini bisa Anda peroleh ketika Anda juga menjaga pola makan dan menyeimbangkannya dengan konsumsi air putih cukup.

Mineral

Buah anggur sangat bermanfaat bagi tubuh karena didalamnya terdapat beberapa komponen mineral, seperti:

  • Zat besi

Anggur mengandung zat besi yang digunakan untuk menguatkan pembuluh darah, meregenerasi sel, sekaligus menguatkan jaringan dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih sehat dan segar.

  • Kalsium

Kalsium terdapat dalam kadar sekitar 2,1% dan senyawa mineral tersebut bermanfaat dalam menjaga kesehatan maupun kekuatan tulang maupun pembuluh darah. Sehingga orang yang mengkonsumsi buah anggur tidak akan mudah mengalami arthritis atau masalah kesehatan lainnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts