Buah Cempedak Khas Indonesia

buah cempedak

buah cempedak

buah cempedak

buah cempedak

1. Ciri-ciri Buah Cempedak

Buah Cempedak merupakan salah satu buah yang digemari oleh orang Indonesia. Buah khas Indonesia ini cukup dikenal dan sekilas buah ini mirip buah nangka, karena secara genetis biologi, buah cempedak ini masih satu genetik dengan buahnangka. Perbedaan yang signifikannya terletak pada aromanya yang sangat kuat.

Di beberapa daerah di Indonesia, buah cempedak disebut juga sebagai campadak, cempeda, atau nangka beurit, nongko cino, cubadak hutan, tiwadak, sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan chempedak.

Pohon cempedak memiliki ukuran dengan tinggi mencapai 20meter. Secara bentuk pohonnya pun hampir serupa dengan pohon nangka. Perbedaan dari benuk pohonnya terlihat dari cabangnya yang lebih banyak dan batangnya yang lebih tinggi serta lurus. Rata-rata  pohon cempedak memiliki diameter 15-20cm dengan warna kulit kayu coklat keabu-abuan dan getahyang pekat.

Daun pada pohon cempedak berwarna hijau, tipis, tetapi terasa kasar dan kaku. Gambaran penjelasannya secara detail, daun cempedak berbentuk bulat seperti telur terbalik hingga jorong, dengan lebar kurang lebih 2,5cm hingga 5cm, sedangkan panjang daunnya rata-rata memiliki panjang 5cm hingga 25cm. Sifat daunnya mudah rontok dan meninggalkan bekas seperti cincin pada ranting.

Bunga cempedak dengan bentuk yang majemuk yang tersusun dalam bunga periuk yang berbentuk bulat dan panjang. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh secara terpisah dalam satu pohon. Biasanya, bunga cempedak muncul di ketiak daun, antara cabang besar atau batang utama dan pucuk pendek khusus yang berdaun.

2. Kandungan Gizi Buah Cempedak

Pernahkan Anda tahu kandungan yang terdapat pada buah cempedak ini? buah yang memiliki kulit yang berduri kecil dan berwarna hijau, serta bagian dagingnya yang berwarna kuning. Ternyata buah cempedak memiliki kandungan gizi yang luar biasa, kandungan nutrisi yang ada pada buah cempedak yaitu Vitamin A, Vitamin C, Enzim, Bioflavanoid, dan Ascobic Acid. Dengan kandungan nutrisi yang banyak buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Berikut beberapa kandungan dan manfaatnya:

buah cempedak memiliki kelebihan sumber vitamin A yang dapat meningkatkan sel-sel aktif jaringan sekitar mata, sehingga bagi para pencinta buah cempedak, buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada mata kita.

– kandungan gizi lainnya adalah vitamin C yang terdapat pada buah cempedak. Dengan vitamin C dalam buah cempedak, dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dalam darah Anda.

– Serat pada buah cempedak dapat membantu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh Anda.

– Bioflavanodi merupakan kandungan enzim yang bisa membantu penderita malaria. Caranya makanlah secara langsung dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Karena secara sistematisnya, enzim biolflavanoid dapat mengusir radikal bebasyang terdapat pada sel-sel tubuh kita, pada akhirnya tubuh kita bisa terjaga daya tahannya.

Itulah beberapa pengetahuan dari buah cempedak serta beberapa manfaat yang terkandung pada buah cempedak. Bertajuk kepada pepatah tentang segala yang berlebihan belum tentu baik pula untuk kebaikan kita. Salah satu pepatah tersebut mungkin digunakan sebagai pengingat bagi yang memiliki penyakit magh, karena untuk penderita mag kronis, buahcempedak tidak bisa dikonsumsi dengan berlebihan, buah tersebut dapat memicu kandungan gas didalam lambung. Konsumsi buah cempedak secara berlebihan akan membuat zat asam lambung Anda meningkat tinggi. Jadi, untuk para penderita penyakit magh, konsumsi buah cempedak dengan sewajarnya dan sesuai batas keadaan masing-masing individu nya. Sekian dan terimakasih.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts