Buah Jenitri Pembasmi Penyakit Berat

buah jenitri

buah jenitri

buah jenitri

buah jenitri

1. Asal Muasal Buah Jenitri

Bagi beberapa orang, buah jenitri merupakan buah yang sangat terdengar. Buah yang disebut juga sebagai buah rudraksha dengan sebutan bahasa ilmiahnya Elaeocarpus Sphaericus. Dari beberapa riset para peniliti, tanaman ini didominasi di kepulauan Jawa Indonesia, ada juga di negara Nepal dan India. Buah jenitri ini dibeberapa negara lain dikenal dengan berbagai istilah, seperti Shivaksh, neelkantaksh, shivbindu, paavan, sarvaksh, haraksh atau bhutanashan.

Informasi dari beberapa cerita rakyat, asal muasal tanaman jenitri ini bisa sampai ke Indonesia, alkisah terjadi sekitar 150tahun yang lalu, ada orang India yang mampir ke Indonesia dan menetap disana, tepatnya didaerah Kebumen Jawa Tengah. Orang India itu lalu memberikan pengetahuan tentang cara menanam pohon jenitri ke sebuah pesantren yang ada di Kebumen. Setiap panen orang India ini langsung membawa hasil panen nya ke negara India dan dihargai dengan sangat tinggi. Karena harga yang diterima sekitar sangat tinggi, pada akhirnya masyarakat disana yang notabenenya para petani, di daerah Kebumen, semua berbondong-bondong menanam pohon jenitri tersebut agar bisa menjadikan penghasilan yang tinggi bagi mereka. Hingga akhirnya Indonesia salah satu pemasok buah jenitri terbesar se Asia Tenggara.

2. Kandungan Nutrisi Buah Jenitri Yang Bermanfaat Untuk Membasmi Berbagai Macam Penyakit

Berdasarkan riset dari beberapa para ahli. Buah jenitri ternyata berfungsi sebagai penyerap polutan. Hasil riset tersebut dilakukan dengan cara membandingkan konsentrat gas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida. Penelitiannya dilakukan dengan cara memasukan konsentrat tersebut ke dalam kotak kaca. Konsentrat gas tiga tersebut menggunakan tumbuhan kalau ganatri dengan kotak tanpa tumbuhan, kedua kotak kaca tersebut diembuskan emisi gas buang dari hasil pembakaran tiga jenis bahan bakar yang memiliki kandungan biodiesel yang berbeda. Hasilnya, tingkat pencemaran dari ketiga jenis emisi bahan bakar dalam kotak kaca berisi jenitri hasilnya lebih memuaskan yaitu lebih rendah dari pada kotak yang berisi konsentrat gas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida.

Kandungan yang terdapat pada buah jenitri sangatlah melimpah, seperti karbon hidrogen, nitrogen, oksigen, aluminium, kalsium, klorin, tembaga, kobalt, nikel, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, glikosida, steroid, alkanoid, flavonoid.

Dengan kandungan yang luar biasa itulah, Jenitri dipercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah, mengatasi stres, serta berbagai macam penyakit mental. Jenitri juga bisa membantu menyembuhkan penyakit epilepsi, hipertensi, asma, radang sendi, dan penyakit hati. Caranya pun ada yang di kalungkan pada leher ataupun meminum hasil dari rebusan buahtersebut.

Kandungan glikosida, steroid, alkaloid, dan flavonoid yang terdapat pada buah jenitri bisa berfungsi sebagai pelindung bakteri pada paru-paru, pelindung tubuh dari bakteri, kanker, dan pembengkakan. Juga, efektif meredam hipertensi dan menghasilkan perasaan tenang dan damai. Dari beberapa pengalaman orang yang sudah mencoba konsumsi dan mencoba menggunakan buah jenitri yang dikalungkan, alhasil tekanan darah pun bisa menjadi turun.

Manfaat lainnya dari buah jenitri adalah dapat membantu menghilangka lemak badan. Kandungan Senyawa alkaloid yang terkandung pada buah jenitri ganitri, seperti pseudoepi isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarpine, dan isoelaeocarpine ternyata bisa meluruhkan lemak pada tubuh. Caranya, 25 gram buah jenitri kering, dicuci kemudian direbus dalam 1 gelas air sampai air rebusan hingga tersisa setengah gelas. Setelah air rebusan dingin, lalu saring kemudian minum dengan cara sekaligus.

Itulah beberapa manfaat dari buah jenitri yang dimiliki oleh bangsa hebat ini, yaitu bangsa Indonesia. Dengan kaya akan ragam tanaman sayuran dan buahbuahan. Membuat negara hebat ini bisa bermanfaat untuk masyarakat indonesia itu sendiri dan bisa dibutuhkan untuk keperluan berbagai macam hal, salah satunya mengatasi berbagai macam penyakit dengan buah jenitri ini. Semoga bermanfaat.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts