Buah Langka Yang Enak

buah langka

buah langka

buah langka

buah langka

Menemukan buah langka di dunia tentu bukan hal yang mudah. Dari namanya saja yang langka tentu bisa disimpulkan bahwabuah – buahan seperti ini hidup pada musim – musim tertentu atau pada tempat – tempat tertentu. Di Indonesia sendiri ada banyak buah langka yang bisa ditemukan dari ujung Sabang hingga Merauke. Buah – buah ini tidka tumbuh di sembarang tempat. Karena itu, nama dari buah – buahan langka yang ada disesuaikan dengan nama tempatnya berasal.

Buah Langka Di Indonesia

Sebagian buah langka yang ada di Indonesia ini memiliki kemiripan dengan buah – buah lainnya yang sudah ada. Berikut beberapa buah langka yang ada di Indonesia.

  • Buah Cempedak

Buah ini memiliki rupa yang mirip dengan buah nangka. Namun, banyak hal yang berbeda dari dua buah ini. Buahcempedak lebih terasa manis dibanding dengan buah nangka. Batang dari pohon buah cempedak ini juga memiliki jenis getah yang lebih cair. Daun dari buah cempedak ini memiliki bulu putih yang lebat. Sementara pada daun buah nangka bulu putih ini lebih sedikit atau tipis.

  • Buah Rukem

Buah Rukem ini berasal dari Pulau Sumatera. Untuk mencobanya, Anda harus datang ke daerah Pulau Bangka yang ada di Belitung. Pohon buah rukem ini berduri. Buah rukem memiliki rasa yang manis ketika sudah matang. Namun apabila masih  belum matang dan berwarna hijau maka rasanya akan sepat.

  • Buah Rambai

Bentuk buah rambai ini mungkin sepintas mirip dengan buah duku atau buah langsat. Namun, kulitnya tidak setebal buahduku. Pohon buah rambai ini juga tidak lebih besar dari pohon buah duku. Umumnya, buah ini lebih sering dijadikan kombinasi makanan pada saat memasak ikan atau bisa juga dijadikan pengganti asam.

  • Buah Kerak Duduk

Buah kerak duduk ini tumbuh di darah berpasir. Rasa dari buah ini manis dan juga enak. Ukuran buah ini kecil – kecil seperti ukuran ibu jari orang dewasa. Dalam satu batang biasanya akan terdapat sangat banyak buahnya. Tinggi pohonnya sendiri pun hanya sebesar kaki orang dewasa.

  • Buah Kelubi

Secara fisik, buah ini memiliki kemiripan dengan buah salak. Buah jenis ini hidup dan tumbuh di daerah perairan yang ada di dalam rimba. Rasa dari buah ini sangat asam. Sebelum dikonsumsi pun  biasanya buah ini diasinkan terlebih dahulu supaya rasa asamnya menghilang.

  • Buah Manau

Buah manau ini adalah buah yang dihasilkan dari pohon rotan. Rasa buah manau ini asam – asam manis dan akan lebih enak apabila sudah diasinkan.

  • Buah Lay

Buah lay ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah durian. Namun, duri yang ada pada buah lay ini lebih tajam. Daging buahnya berwarna kuning dan lebih tebal dari buah durian. Rasa buah ini juga lebih manis dan tidak memiliki aroma yang menyengat seperti buah durian. Buah ini bisa ditemukan di daerah Pulau Kalimantan dan di sana buah ini lebih sering disebut pepaken.

Mendapatkan Buah Langka

Untuk dapat mengonsumsi buah langka yang ada in tentu harus mengunjungi tempat di mana buah itu berasal. Karena apabila memang buat itu langka dan sulit ditemukan maka buah – buahan ini akan sulit dibawa ke luar dari tempat asalnya. Kecuali ditanami kembali atau dibawa bibitnya dan ditanam di tempat lain yang memiliki lokasi tanah dan lingkungan yang cocok. Dengan begitu, buah langka ini tidak akan menjadi langka lagi.

Pencarian Terkait

Tags:

Rate this article!

Buah Langka Yang Enak,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts