Buah Lontar

Buah Lontar

Buah Lontar

Buah Lontar

Buah Lontar

Buah lontar. Pohon lontar atau siwalan mungkin belum dikenal luas oleh masyarakat. Namun di beberapa daerah pohon ini cukup dikenal oleh masyarakat setempat. Dari pohon lontar ini kemudian menghasilkan buah yang dinamakan buah lontar.

Di beberapa daerah lontar dikenal dengan sebutan ental (Jawa, Sunda, dan Bali), tala (Sulawesi Selatan), lonta (Minang),juntal (Sumbawa), dan lontoir (Ambon). Buah lontar memiliki nama latin borassus flabellifer. Pohon dan buah lontar dapat tumbuh di daerah beriklim tropis.

Tak hanya bisa ditemukan di Indonesia, buah lontar dapat pula dijumpai di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, India, Pakistan, dan sebagainya. Di Indonesia, buah lontar biasanya dijual di pinggir jalan dan bisa dikonsumsi.

Ciri-ciri Buah Lontar

Daging buah lontar mirip dengan kolang-kaling dengan tekstur yang kenyal. Buah lontar yang telah matang dan siap dikonsumsi memiliki kulit berwarna hitam keunguan. Tekstur kulitnya keras dan tidak terdapat sabut pada kulitnya. Tidak terdapat tempurung.

Air dalam buah lontar tak terlalu banyak. Rasa buah lontar adalah manis seperti kelapa muda. Karena rasanya yang manis,buah lontar bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi makanan olahan, seperti es buah, dawet, selai, kue, dan lain sebagainya.

Untuk mengkonsumsinya cukup dipotong karena kulitnya tak terlalu keras. Buah lontar yang bisa dikonsumsi tak hanyabuah yang sudah tua dan matang, namun buah yang masih muda pun sudah bisa dikonsumsi. Biji buah lontar yang muda cukup lunak.

Kandungan Gizi Buah Lontar

Buah lontar tak hanya bisa dinikmati daging buahnya semata, bagian lain dari lontar seperti akar, nira pohon dan bunganya pun bisa dimanfaatkan baik untuk kebutuhan konsumsi maupun keperluan lainnya.

Buah lontar sangat cocok sebagai bahan konsumsi karena terdapat banyak kandungan zat gizi di dalamnya yang baik untuktubuh. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah lontar seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, serat, protein, karbohidrat, dan mineral seng.

Karena kandungan zat penting yang terdapat dalam buahnya itulah, daging lontar sangat segar dan nikmati dikonsumsi. Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari konsumsi buah lontar ini.

Agar bisa menikmati kesegaran dan kandungan gizi buah lontar sebaiknya dikonsumsi setelah dikupas. Jika dibiarkan terlalu lama begitu dibuka maka kandungan di dalamnya bisa teroksidasi. Namun Anda bisa menyimpannya dalam kulkas.

Khasiat Kesehatan Buah Lontar

  1. Membuat tubuh menjadi segar dan berenergi. Konsumsi buah lontar akan membantu tubuh lebih fresh apalagi dikonsumsi saat cuaca panas. Buah lontar dapat dijadikan sumber energi tubuh.

  2. Membantu melancarkan pencernaan tubuh serta menghindari dari sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat dan mineral buah lontar akan melancarkan sistem pencernaan.

  3. Membantu penderita diabetes mengontoro gula darahnya. Daging buah lontar maupun nira lontar memiliki kandungan gula yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes.

  4. Membantu menurunkan tingkat stress. Rasa segar buah lontar serta kandungan vitamin Cnya berperan dalam mengendalikan stress.

  5. Membantu kesehatan ginjal. Kandungan buah lontar berperan dalam membantu proses buang air kecil serta menjaga fungsi ginjal.

  6. Beberapa penyakit kulit dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah lontar.

  7. Buah lontar berfungsi sebagai antibiotik, antioksidan, dan larutan isotonik yang berguna bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Itulah berbagai khasiat yang akan didapat dari konsumsi buah lontar.

Tags:

Rate this article!

Buah Lontar,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts