Buah Sawo

Buah Sawo

Buah Sawo

Buah Sawo

Buah Sawo

Buah sawo. Siapa yang tak suka dengan buah manis segar yang satu ini. Buah sawo yang memiliki nama latin manilkara zapota ini cukup dikenal di Indonesia. Buah yang tumbuh pada iklim tropis ini awalnya tumbuh di kawasan hutan Amerika Tengah.

Penyebaran buah ini bisa ditemui di Meksiko, Sri Lanka, Malaysia, Indonesia, dan beberapa negara lainnya. Pertumbuhan pohon sawo cukup cepat. Tahan terhadap cuaca dingin dan panas. Tumbuh baik di daerah kering yang memiliki curah hujan sedikit.

Ciri dan Varian Buah Sawo

Buah sawo saat matang memiliki daging yang lembut dengan rasa lezat, manis, dan segar. Bentuk buahnya adalah bulat oval. Memiliki diameter buah sekitar 10 cm dnegan berat sekitar 150 gram. Pada satu pohon sawo bisa menghasilkan 2000buah tiap musim panennya.

Kulit dan daging buahnya berwarna coklat muda. Ketika masih mentah buah sawo berwarna putih dengan getah-getah di sekitarnya. Tekstur buahnya saat matang bersifat halus dan kasar. Dalam daging buah terdapat biji hitam yang jumlahnya terdiri dari beberapa biji.

Buah sawo memiliki banyak varian atau jenis. Di antara varian-varian tersebut tergambar dalam poin-poin berikut ini.

  1. Sawo duren berbentuk oval dengan kulit licin dan agak tebal.

  2. Sawo manila berbentuk lonjong yang memiliki daging buah tebal dan mengandung banyak air.

  3. Sawo mentega berbentuk bulat gelondong berwarna hijau agak mengkilap.

Kandungan Buah Sawo

Dalam buah sawo terdapat berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk konsumsi tubuh. Di antara kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah sawo adalah protein, lemak, karbohidarat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Selain kandungan di atas, buah sawo juga memiliki kandungan lain seperti kalori, polifenolik, senyawa tanin, dan kaya akan zat antioksidan.

Buah sawo bisa dikonsumsi seketika saat dikupas. Cara mengupasnya bisa dilakukan dengan membelahnya atau mengupas kulitnya. Buah sawo yang baik dikonsumsi adalah buah yang sudah matang sehingga terhindar dari getah maupun rasa kecut.

Manfaat Buah Sawo

Buah sawo memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Selain bisa merasakan kenikmatan rasanya yang manis dan segar, manfaatnya pun juga akan diperoleh. Yuk simak ulasan manfaatnya berikut ini.

  1. Buah sawo dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Selain itu sawo juga baik untuk menjaga pencernaan agar tetap normal.

  2. Kandungan asam folat dalam buah sawo berguna untuk membentuk dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

  3. Kalsium dan fosfor dalam sawo juga baik untuk menjaga fungsi tulang. Kekuatan dan pertumbuhan tulang akan terjaga dengan baik melalui konsumsi buah sawo.

  4. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  5. Buah sawo dianggap baik pula sebagai penangkal dari serangan kanker usus. Hal ini berdasarkan kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah sawo.

  6. Buah sawo juga baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit serta menghalau serangan radikal bebas.

  7. Membantu mengatasi peradangan mulut serta memelihara kesehatan gigi terutama dari kandungan kalsium dan fosfornya.

  8. Bagi ibu hamil buah sawo bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan diri dari serangan penyakit.

  9. Sawo bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit. Kandungan vitamin E bisa mencegah terjadinya penuaan dini serta keriput pada kulit. Itulah salah satu khasiat buah sawo.

Tags:

Rate this article!

Buah Sawo,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts