Buah Srikaya: Buah Kecil dengan Manfaat Besar

buah srikaya

buah srikaya

buah srikaya

buah srikaya

Buah srikaya merupakan salah satu kekayaan pangan lokal yang telah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat. Harganya tidak mahal, dan pada musimnya, buah ini tidak sulit didapat. Sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu bahwa buah ini mengandung banyakmanfaat yang tidak dapat kita sepelekan. Beberapa manfaatnya antara lain:

Sumber Serat dan Niasin

Serat yang tinggi tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika Anda berkolesterol tinggi atau memiliki risiko penyakit jantung, buah srikaya adalah solusi Anda. Kandungan niasin di dalamnya ikut membantu proses penurunan kolesterol dan baik untuk segala umur.

Sumber Riboflavin

Riboflavin merupakan kandungan mineral yang bisa didapatkan dalam beberapa jenis buah dan sayur, Zat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Pada umumnya, riboflavin bekerja untuk mencegah kerusakan mata, dan mencegah permasalahan penglihatan lain yang disebabkan oleh radikal bebas.

Pengurang Sakit Gigi dan Gusi

Bukan hanya dagingnya, kulit buah srikaya memberikan manfaat cukup baik dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Ketika terjadi peradangan, kulit buah ini mempercepat penyembuhannya dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Jarang orang mengetahui fakta ini.

Sumber Magnesium

Apa kegunaan magnesium? Magnesium pada dasarnya mengurangi kadar asam pada persendian. Keseimbangan asam tersebut dapat mencegah risiko penyakit arthritis yang kerap diderita oleh para manula. Buah ini mengandung cukup banyak magnesium yang akan berguna dalam pencegahan.

Sumber Zat Besi

Zat besi dalam buah srikaya dapat berfungsi sebagai ekspektoran, haemantic, dan stimulan sekaligus. Ketiga fungsi ini merupakan solusiterbaik untuk masalah anemia. Tentu saja, untuk pencegahan, konsumsi yang cukup setiap hari merupakan kebiasaan yang sangat direkomendasikan oleh dokter.

Sumber Potasium

Potasium dalam buah ini merupakan kandungan yang penting dalam menjaga keseimbangan tekanan darah. Seseorang dengan konsumsi rutin buah ini memiliki tekanan darah yang stabil dan seimbang. Potasium, dengan bantuan Magnesium, adalah solusi terbaik untuktekanan darah yang stabil.

Mencegah Sakit Jantung

Buah srikaya mengandung banyak magnesium. Magnesium memilki banyak manfaat dan salah satunya adalah mencegah sakit jantung. Pencegahan dapat dilakukan dengan konsumsi rutin dengan porsi cukup. Penyakit jantung akan membutuhkan lebih, tetapi buah ini cukupuntuk tindakan pencegahan.

Sumber Tembaga dan Serat

Buah ini mengandung banyak serat dan tembaga yang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Tembaga merupakan kandungan terbaikuntuk membuat seluruh saluran pencernaan lebih sehat. Sementara itu, serat sangat diperlukan untuk memperlancar pencernaan. Buah ini merupakan penolong alami bagi masalah pencernaan.

Sumber Kalori

Buah srikaya sering kali direkomendasikan bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Tentu saja, hal ini tidak dapat dicapai hanya dengan konsumsi rutin biasa dan memerlukan diet khusus. Namun, buah ini memang merupakan salah satu sumber kalori terbaik.

Menjaga Kehamilan

Hal ini jarang diketahu tetapi buah ini memiliki kandungan terbaik untuk menjaga kerja sistim saraf, kesehatan otak, dan kekebalan tubuh. Pada ibu hamil, buah ini juga bermanfaat dalam mencegah risiko keguguran.

Banyak orang menyangka bahwa buah lokal tidak mengandung cukup kekayaan dan manfaat jika dibandingkan dengan buah impor yang sedang menjadi tren kuliner saat ini. Buah lokal kebanyakan memberikan manfaat yang sama besar dengan buah impor tetapi tersedia dengan harga yang lebih murah. Anda ingin sehat? Berikan variasi dalam menu Anda dengan menyajikan buah srikaya yang penuh manfaat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts