Fakta Blewah: Segar, Kaya Nutrisi, dan Sehat

buah blewah

buah blewah

buah blewah

buah blewah

Buah blewah merupakan salah satu buah yang populer sebagai bahan utama atau tambahan dalam berbagai minuman. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa buah yang beraroma segar ini sangat kaya nutrisi dan sehat. Ada beberapa faktakesehatan yang harus Anda tahu.

Kandungan nutrisinya tinggi

Berdasarkan informasi yang dipaparkan The Journal of Food Science, dalam setiap 100 gram blewah terkandung mineral dan nutrisi yang tinggi. Ada sekitar 12,69 miligram manesium yang mendukung proses penyeraoan kalsium dan produksi sel darah merah. Kandungan mineral lain seperti mangan sebanyak 0.03 miligram, seng atau zinc 0,003 miligram, juga 0,05 miligram tembada dan 0,005 miligram krom sangat membantu proses metabolisme tubuh.

Selain kandungan mineral yang tinggi, blewah juga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik. Kandungan vitamin A dalam bentuk betakaroten dan kandungan vitamin C tanpa kandungan asam yang tinggi sangat aman bagi tubuh. Kita tidak perlu was – was sakit perut atau asam lambung naik jika mengkonsumi buah blewah terlalu banyak. Buah ini sangat aman.

Manfaat bagi kesehatan

Ada begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari blewah, antara lain:

Anti kanker dan anti aging

Kandungan vitamin A dan C yang terpadu dengan mineral membuat blewah mengandung anti oksidan yang tinggi, terutama untuk mengurangi radik bebas yang menyebabkan kanker dan penuaan dini. Paduan vitamiin A dan C dalam blewah juga mampu mencegah sariawan dan radang tenggorokan.

Mengontrol tekanan darah

Blewah mengandung kalium yang tinggi. Kalium ini sangat membantu menstabilkan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi dan jantung koroner. Blewah juga tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali sehingga baik bagi jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam diri Anda.

Anti insomnia

Jika Anda sulit tidur, mengkonsumi blewah di sore hari atau setelah makan malam dapat menjadi solusi sehat. Kandungan nutrisi blewah membuatnya bersifat sedatif atau menenangkan syaraf. Zat sedatif mampu merilekskan kerja syaraf dan merangsang tubuh untuk lebih mudah mengantuk.

Sumber nutrisi bagi penderita diabetes dan obesitas

Banyak penderita diabetes yang begitu khawatir ketika mengkonsumis makanan, termasuk buah. Blewah dapat menjadi solusi bagi kebutuhan nutrisi terutama mineral dan vitamn A dan C. Karena tidak mengandung glukosa, blewah juga baik bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Mendukung perkembangan janin

Blewah mengandung asam folat yang tinggi. Folat meruapakn nutrisi yang membantu perkembangan sel dan kesehatan bagi janin dan ibu hamil. Tentunya ini dapat menjaid solusi makanan tambahan bagi ibu hamil yang mual ketika mengkomsi susu dan ikan.

Tips mengkonsumsi blewah

Walau ada begitu banyak manfaat dari blewah, sebagian besar dari kita justru tidak dapat memperoleh manfaat maksimalbuah yang satu ini. Bahkan, konsumsi blewah yang dikmbinasikan dengan bahan makanan tidak sehat terutama kadar gula yang tinggi justru tidak baik bagi tubuh. Ada beberapa tips untuk mengkonsumsi blewah dan mendapat manfaatnya secara maksimal. Pertama, kurangi gula tambahan. Sebagian besar orang membuat es blewah dengan sirup. Sebenarnya ini tidaksehat, terutama jika Anda konsumsi saat lapar dan haus karena akan meningkatkan kadar gula secara mendadak. Sebaiknya Anda mengkonsumsi menu ini sebagai makanan penutup, perbanyak jumlah blewah dalam es blewah Anda dan kurangi sirupnya sebisa mungkin. Kedua, pilih pemanis yang lebih sehat. Daripada menggunakan sirup atau gula, sebaiknya Anda menggantinya dengan madu, gula rendah kalori, atau madu. Untuk menambah rasa, Anda dapat mencampurkan beberapa buah lain seperti melon, apel, pear, dan stroberi. Terakhir, konsumsi blewah murni. Ini solusi terbaik, terutama bagi penderita diabetes. Mengkonsumis buah blewah tanpa campuran apapun memberi Anda manfaat maksimal.

Tags:
author

Author: 

Related Posts