Fakta Sehat Buah Belimbing

buah belimbing

buah belimbing

buah belimbing

buah belimbing

Buah belimbing yang memiliki nama latin Averrhoa carambola ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Ada beberapa fakta menarik tentang buah yang memiliki rasa asam dan segar ini yang akan membuat Anda ingin menjadikannya salah satu buat favorit Anda.

Fakta sehat belimbing

Fakta pertama, belimbing adalah buah anti kolesterol. Setiap 100 gram yang kita konsumsi, tubuh kita akan mendapat 31 kalori dengan banyak nutrisi esensial penting seperti vitamin C, antiokisda, dan serat buah yang mampu menurunkan kolesterol dengan efektif.

Fakta kedua, belimbing adalah buag anti kanker. Masih dalam 100 gam, buah ini mengandung vitamin C sebanyak 34.7 mg atau 57% kebutuhan vitamin C harial kita, belum lagi kandungan flavonoids yang tinggi. Komposisi vitamin C dan flavonoidsyang tinggi dalam buah belimbing akan bekerja sebagai anti oksidan sempurna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker, terutama kanker usus besar.

Fakta ketiga, sumber elektrolit dan vitamin B. Belimbing mengandung mineral seperti folates, pyridoxine, dan riboflavin atau yeng lebih dikenal sebagai vitamin B-6. Vitamin B-6 adalah faktor utama yang mendorong enzim pencernaan bekerja dengan baik sehingga kita mendapat asupan energi yang cukup. Selain itu belimbing juga dikenal dengan kandungan potassium, fosfor, dan zat besi yang merupakan paduan terbaik elekrolit yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah.

Kandungan nutrisi dalam belimbing ini membuatnya menjadi salah satu buat yang populer di Brazil. Di Brazil beberapa pengobatan alternatif bahkan menggunakan belimbing sebagai salah bahan obat untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan mengobati diare hingga flu.

Tips mengkonsumi dan menyimpan belimbing

Mulailah mengkonsumsi belimbing setiap hari. Ada banyak alternatif resep yang menggunakan belimbing, misalnya saladbuah. Anda dapat membuat salad buah sesuai selera dan menambahkan potongan belimbing untuk menambah rasa asam dan segar. Anda juga dapat membuat smoothies berbagai macam buah atau jus buah dengan campuran belimbing. Beberapa orang bahkan biasa mengkonsumsi belimbing utuh. Hal terpenting dalam mengkonsumsi belimbing adalah memastikannya bersih. Cuci belimbing dengan air mengalir. Anda juga dapat mencucinya dengan carian khusus pembersihbuah dan sayur dalam wadah, lalu membilasnya dengan air mengalir untuk membersihkan debu, pestisida, dan segala kotoran yang menempel.

Lalu, bagaimana kita dapat menyimpan belimbing dengan baik dan benar? Agar lebih tahan lama ada beberapa hal yangharus Anda perhatikan dalam menyimpan belimbing. Pertama, cuci bersih berlimbing. Ini penting untuk membersihkan debu, kotoran, dan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan dan kotoran lain yang merusak permukaan buah. Kedua, keringkanbuah yang telah dicuci. Gunakan tissue untuk mengelap sisa air di permukaan buah. Belimbing yang basah dan lembab akan membuatnya cepat busuk. Membiarkannya basah juga akan membuat kotoran dan bakteri kembali menempel dan berkembang. Ketiga, tempatkan belimbing yang telah dikeringkan dalam wadah tertutup. Pilihlah wadah plastik yangmemiliki tutup dan lubang sirkulasi udara. Ini akan sangat membantu menghindarkan belimbing Anda dari lalat buah dan mengurangi penguapan yang merusak kandungan nutrisi belimbing. Yang terakhir, Anda dapat menaruh wadah berisi belimbing tersebut ke dalam kulkas bagian buah dan sayur. Pastikan seluruh belimbing yang Anda simpan masih utuh dan tidak luka. Juga buka katup penutup wadah penyimpanan agar sirkulasi udara lancar sehingga buah belimbing lebih tahan lama.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts