Inilah Manfaat dan Efek Samping Pengonsumsian Buah Pinang

buah pinang

buah pinang

buah pinang

buah pinang

Manfaat Buah Pinang

Buah pinang sebenarnya tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Meskipun demikian, bagian buahnya sudah biasa dimanfaatkan oleh nenek moyang sebagai obat tradisional sejak dulu. Seiring dengan perkembangan teknologi kini pun mulai terjawab mengapa pinang memiliki khasiat obat tradisional. Rahasianya karena adanya kandungan senyawa penting dalam daging buahnya seperti guracine, guvacoline, arecolidine, arecaidine, dan banyak unsur lainnya.

Namun, Anda tetap harus waspada. Pasalnya ada pula kandungan arekaina dan arekolina yang bersifat adiktif dan racun pada bagian biji pinang yang mempunyai rasa pahit. Hanya saja manfaat daging buahnya tidak bisa dibantahkan, berikut diantaranya:

Mengobati Mata Rabun

Bagi Anda yang memiliki gangguan mata seperti mata rabun, mungkin bisa mencoba solusi alternatif berikut. Buah pinang dapat langsung dikunyah seperlu mengobati mata rabun. Kunyah-kunyah daging buahnya dan minum sari buah yang keluar.

Mengobati Luka Kulit

Pinang bisa dimanfaatkan seperlu mengobati luka pada kulit. Bagaimana caranya? Mudah saja. Dalam hal ini Anda hanya perlu menumbuk bagian daging buahnya yang masih muda. Setelah itu langsung saja tempel daging buah yang sudah hancur pada kulit yang terluka. Lakukan secara rutin dan bertahap sampai luka didapati kering sembuh.

Obat Alami Sakit Cacingan

Buah dari tanaman pinang ternyata bisa pula dimanfaatkan sebagai obat alami sakit cacingan. Terutama sakit cacing pita. Adapun caranya Anda hanya perlu merebus biji pinang yang masih muda dalam air cukup sampai mendidih. Saring lalu dinginkan air rebusannya. Bila sudah langsung minumkan air rebusan tersebut kepada penderita. Sebagai opsi lain Anda bisa juga menambahkan temulawak dan kunyit masing-masing setengah jari ke dalam air rebusan.

Mengencangkan Vagina

Orang jaman dulu kerap memanfaatkan biji buah pinang yang masih muda untuk mengencangkan rahim pasca melahirkan. Adapun manfaat ini bisa diperoleh dengan cara merebus biji buah sampai mendidih. Dinginkan lalu saring guna memisahkan ampas dengan air rebusan. Bila sudah air rebusan bisa diminum rutin hingga vagina terasa kencang kembali.

Mengatasi Mulut Kering

Pinang kerap pula digunakan untuk menyirih. Orang yang gemar menyirih dengan pinang biasanya tidak bermasalah dengan mulut kering. Hal ini karena pinang merangsang kelenjar ludah terus mensekresikan air liur terus-menerus. Keuntungannya air liur tersebut membantu mencegah serangan penyakit seperti sindrom sjogren dan disentri. Kebiasaan mengunyah daging buah dari pinang ini pun bermanfaat menguatkan gigi dan gusi.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Buah pinang juga bermanfaat meningkatkan vitalitas atau keperkasaan pria. Lebih rincinya, bisa menstimulasi hormon seperlu menggugah gairah seks. Hal ini karena terdapat kandungan suatu senyawa yang berfungsi meningkatkan kerja jantung.

Efek Samping Pengonsumsian Pinang

Sejumlah manfaat di atas memang bisa didapat dari buah tanaman pinang. Namun, pengonsumsian pinang masih harus dibatasi mengingat adanya kandungan yang bersifat racun bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Sehingga pasca sakit yang diderita sudah sembuh, segera hentikan pengonsumsian pinang.

Adapun pengonsumsian pinang berlebihan ternyata malah mengundang efek samping berbahaya. Berikut beberapa efek samping dari pengonsumsian pinang berlebihan:

  • Menyirih pinang berlebihan menyebabkan anemia
  • Memperburuk kondisi seseorang dengan risiko tekanan darah tinggi atau darah rendah karena adanya pengaruh pada kinerja jantung.
  • Meningkatkan potensi kanker.

Efek samping dari pinang tersebut diketahui lantaran adanya kandungan arekaina dan rekolina yang bersifat adiktif dan racun. Oleh karena itu, perhatikan benar pengonsumsian buah pinang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts