Inilah Segudang Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

buah mengkudu

buah mengkudu

buah mengkudu

buah mengkudu

Mengenal Buah Mengkudu

Buah mengkudu yang masih muda biasanya berwarna hijau mengkilap dan bertotol. Sementara buah yang sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Buah yang konon memiliki segudang manfaat dan khasiat ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500. Adapun di Indonesia, mengkudu tumbuh subur di Aceh.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, satu per satu mitos tentang mengkudu pun mulai terkuak. Dari hasil uji kandungan diketahui bahwa di dalam mengkudu terdapat senyawa Terpenoid, asam arkobat, zat anti bakteri, zat anti kanker, xereonine, proxeronine, dan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Penasaran dengan kandungan lengkap buahmengkudu? Berikut ulasannya:

  • Terpenoid

Terpenoid memiliki peran penting dalam proses pemulihan sel tubuh dan sintesis organik. Termasuk zat anti bakteri dan zat aktif yang banyak terkandung dalam mengkudu. Karenanya kandungan Terpenoid diyakini ampuh membantu membunuh bakteri penyebab infeksi seperti Protens morganii, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Bacillus subtilis, danStaphylococcus aerus.

  • Zat Anti Bakteri dan Anti Kanker

Senyawa scolopetin dalam mengkudu memiliki peran utama sebagai anti alergi dan peradangan. Sedangkan zat anti kanker dalam mengkudu diyakini paling efektif memerangi sel-sel abnormal.

  • Xereonine dan Proxeronine

Ada bermacam jenis senyawa dalam mengkudu. Adapun xeronine dibutuhkan tubuh seperlu mengaktifkan protein yangbelum aktif, membentuk sel yang aktif, dan mengatur strukturnya. Sementara proxeronine merupakan bahan pembentuk xeronine yang banyak tedapat dalam buah mengkudu.

  • Nutrisi

Secara keseluruhan mengkudu memilki kandungan nutrisi lengkap seperti vitamin, protein, dan mineral. Selenium pun menjadi salah satu kandungan mineral yang berperan penting sebagai antioksidan hebat.

Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Dengan kandungan lengkap yang dimiliki, tidak heran dan tidak perlu diragukan lagi bila mengkudu memang kaya manfaatdan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat dan khasiat buah mengkudu:

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan sempurna nutrisi dalam mengkudu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dari hasil penelitian diketahui, rutin mengonsumsi jus mengkudu efektif membentengi tubuh dari dampak radikal bebas. Pasalnya seperti yangsudah diketahui mengkudu kaya antiokidan alami.

  • Memperlancar Sirkulasi Darah

Mengkudu sudah teruji membantu melancarkan sirkulasi darah dengan cara memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Manfaat ini didapat dari zat scopotelin dalam mengkudu yang ampuh membunuh beberapa jenis bakteri sekaligus memiliki sifat anti alergi.

  • Analgesik

Buah mengkudu juga populer sebagai obat penghilang rasa sakit. Mengkudu mempunyia 75% kandungan analgesik yangampuh sebagai morfin sulfat seperlu meredakan nyeri otot.

  • Anti Inflamasi

Mengkudu juga memiliki manfaat anti inflamasi guna mencegah peradangan. Tidak hanya itu saja. Lebih lanjut pengonsumsian rutin mengkudu juga efektif menekan risiko serangan jantung.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Sejumlah ahli gizi sangat menganjurkan penderita hipertensi mengonsumsi buah mengkudu dalam olahan jus. Pasalnya kandungan mengkudu dapat pula mencegah tekanan darah tinggi.

  • Mengobati Tumor dan Kanker

Zat-zat aktif dalam mengkudu diketahui ampuh menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Cara kerjanya dengan mengganggu suplai yang digunakan untuk pertumbuhan sel-sel tersebut. Karena suplai terhambat, maka tumor dan kanker bisa dimatikan.

Itulah sejumlah manfaat dan khasiat mengkudu bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak segudang manfaat lain sebut saja seperti mengobati sakit perut, batuk, demam, melawan kuman, dan masih banyak lagi.Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, lebih lanjutnya ada pula manfaat kecantikan misalnya memberantas ketombe, menghilangkan sisik kulit, danmencegah rambut rontok. Karena itulah, manfaat dan khasiat buah mengkudu terbukti lengkap.

Tags:
author

Author: 

Related Posts