Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

buah sirsak

buah sirsak

buah sirsak

buah sirsak

Nama latin dari buah sirsak adalah Anona muricata linn, buah ini masih satu kerabat dengan buah srikaya. Sirsak ini sudah lama dikenal dengan rasanya yang sedikit asam. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, mengkonsumsi buah sirsak secara rutin tentu akan membuat tubuh menjadi sehat.

Kandungan nutrisi buah sirsak

Buah sirsak ini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut ini adalah beberapa nutrisi dalam buahsirsak :

–          Karbohidrat

Buah ini mngandung karbohidrat sbanyak 65 kkal. Kandungan fruktodan dan glukosa dalam buah ini aman untuk tubuh, mudah diserarp oleh tubuh dan tidak tidak akan membuat tubuh kelebihan gula dalam darah. Itu sebabnya buah ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

–          Vitamin

Ada pun beberapa kandungan vitamin yang ada dalam buah ini adalah :

  1. Vitamin A sebanyak 10 mg, kandungan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
  2. Vitamin B sebanyak 0,07 mg, kandungan ini berfungsi untuk mengatur metabolisme lemak, karbohidrat dan protein di dalam tubuh.
  3. Vitamin C sebanyak 20 mg, kandungan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut, gigi, menjaga kekebalan tubuh, dan juga mencerahkan kulit.

–          Mineral

Ada banyak sekali kandungan mineral yang ada pada buah srisak ini antara lain adalah :

  1. kandungan kalsium sebanyak 14 mg. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar bekerja dengan baik, dan menjaga sistem kimia tubuh agar tetap stabil. Kandungan kalsium juga berfungsi untuk menjaga massa tulang agar tetap kuat, dan menghambat proses osteoporosis.
  2. Fosfor sebanyak 27 mg, kandungan ini sangat baik untuk proses pembentukan gigi dan juga menjaga agar gigi dan juga tulang tetap kuat.
  3. Zat besi sbanyak 0,6 mg. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas dari sel darah mrah, dan membantu memproduksi sel darah merah yang baru.
  4. Natrium sebanyak 14 mg, kandungan ini berfungsi untuk menjaga dan juga menstabilkan darah, dan mencegah terjangkitnya penyakit hipertensi.

–          Protein

Kandungan protein dalam buah ini sebanyak 1 g. Salah satu manfaat protein untuk tubuh adalah dapat mengatasi kerontokan rambut.

–          Lemak

Adapun kandungan lemak yang terdapat dalam buah ini cukup sedikit hanya sebanyak 0,3 g, itu artinya buah ini tidak akan membuat sesorang bertambah gemuk.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa kandungan lain dari buah ini, sepertikandungan serat. Kandungan serat dalam buah ini juga cukup tinggi, kandungan ini berfungsi untuk membantu sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat sirsak untuk kesehatan

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah sirsak ini, maka wajar saja jika buah ini dapat membuat tubuh menjadi sehat, serta dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti :

  1. Memperlancar metabolisme tubuh

Mengkonsumsi secara rutin tentunya dapat membuat sistem pencernaan menjadi semakin lancar. Kandungan serat dalambuah ini dapat digunakan untuk proses detoksifikasi dan juga membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Serat dalambuah ini akan mengikat berbagai macam lemak dan juga zat tidak berguna di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan vitamin C dan beberapa kandungan lainnya dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalium di dalam buah sirsak ini tentunya dapat membuat tulang menjadi semakin sehat, dan tubuh tidak akan mudah terkena osteoporosis.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts