Kegunaan Buah Simpalak

buah simpalak

buah simpalak

buah simpalak

buah simpalak

Nama buah simpalak ini kurang terdengar di kalangan nama buah lainnya yang ada. Nama buah ini sekarang populer karena kemampuannya dalam mengusir tikus. Kemampuannya ini yang membuat namanya mulai dikenal di masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Buah Simpalak Untuk Mengusir Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat yang bisa berada di lingkungan rumah. Keberadaan hewan tikus ini bisa sangat mengganggu. Hal inilah yang membuat penghuni rumah akan terus berusaha mengenyahkan tikus ini dari rumah.  Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Mulai dari menaruh racun tikus, membuat jebakan tikus, dan lainnya. Cara – cara ini adalah cara standar yang biasa dilakukan oleh para penghuni rumah untuk mengusir tikus. Tikus ini perlu diusir karena hewan ini sangat merugikan dan memberikan gangguan. Hewan ini bisa mencuri makanan yang tersedia di dapur. Hewan ini juga memberikan aroma yang tidak sedap pada kotoran yang dibuangnya secara sembarangan. Belum lagi suaranya yang berisik dapat mengganggu pada saat istirahat.  Sekarang ada alternatif lain untuk mengusir tikus, yaitu dengan Buah Simpalak. Buah yang sedang terkenal ini dipercaya mampu mengusir tikus secara efektif bagi para penggunanya. Tikus ini merupakan salah satu hewan yang cerdas di dunia. Hewan ini mampu memahami apa yang menimpa dirinya. Seperti jebakan yang sering dipasang dan ternyata tidak ada tikus yang masuk namun makanannya tetap hilang. Itu karena kecerdasan dan kemampuan tikus untuk mempelajari hal – hal tersebut.

Keunggulan Buah Simpalak

Di antara berbagai macam cara untuk mengusir tikus lainnya, buah ini adalah salah satu cara yang paling aman. Karena buah ini tidak akan membunuh tikus, namun hanya mengusirnya. Jadi tidak akan ada aroma tikus mati yang muncul pada saat mengusir hewan pengerat ini. Apabila dibandingkan dengan cara lain untuk mengusir tikus, cara ini juga lebih mudah dan tidak memerlukan banyak persiapan dan peralatan. Cukup dengan meletakkan beberapa buah ini di beberapa daerah yang sering dikunjungi atau dilewati oleh tikus. Beberapa jenis tikus yang bisa masuk ke rumah ini bisa berukuran besar dan kecil. Dan dampak yang diberikan oleh kehadiran tikus ini juga cukup banyak. Tikus yang ada di rumah ini bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti berikut.

  • Hantavirus Pulmonary Syndromme (HPS)

Penyakit ini bisa muncul akibat udara yang kita hirup. Udara yang kita hirup ini mengandung virus HPS yang telah dikeluarkan oleh tikus melalui air seni, air liur bahkan tinja mereka. Cara yang paling mudah untuk menghindarinya adalah mengendalikan hama tikus mulai dari lingkungan rumah.

  • Murine Thypus

Penyakit ini muncul karena infeksi virus R.Typhi yang ditularkan melalui kutu yang terdapat pada tikus kepada manusia. Kutu pada tikus yang sudah terinfeksi ini bisa ditemukan pada lingkungan tropis yang lembab seperti Indonesia.

  • Rat – Bite Fever (RBF)

Penyakit ini bisa muncul akibat gigitan atau cakaran tikus yang bisa menularkan bakteri Streptobacillus moniliformis. Penyakit ini juga bisa muncul karena mengonsumsi makanan yang telah tercemar oleh kotoran tikus.

Karakteristik Buah Simpalak

Buah ini memang memiliki bentuk yang unik. Sekilas memang bentuknya mirip dengan buah lainnya seperti terong yang berbentuk bulat. Buah ini tidak berbau dan tidak akan menimbulkan efek terhdap hewan yang lainnya. Buah Simpalak ini sangat dbenci tikus sehingga mampu membuat tikus itu pergi.

Tags:

Rate this article!

Kegunaan Buah Simpalak,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts