Kehebatan Buah Gandaria

buah gandaria

buah gandaria

buah gandaria

buah gandaria

1. Sekilas Tentang Tanaman Gandaria

Pernahkah Anda mendengar buah gandaria? Buah ini dikenal pula dengan sebutan buah jatake yang berasal dari kepulauanIndonesia dan Malaysia. Buah gandaria ini bisa tumbuh di daerah ber iklim tropis. Buah yang lebih banyak dibudidayakan di daerah Sumatra dan jika diluar Indonesia, negara Thailand mendominasi pembudidayaan buah tersebut.

Gandaria di budidayakan karena memiliki manfaat yang luar biasa, dari mulai buah, daun, dan batangnya. Kalau di Sumatra, biasanya buah gandaria yang masih berwarna hijau di konsumsi sebagai rujak dan bisa juga untuk campuran bahan sambal. Kalau buah gandaria yang sudah matang dan berwarna kuning, itu bisa di makan langsung yang rasanya agak sedikit kecut. Untuk daunnya, biasanya masyarakat di sumatra di konsumsi sebagai tambahan menu lalap. Kalau batang dari tanaman gandaria, bisa bermanfaat sebagai papan.

Dari segi teksturnya, buah gandaria menyerupai mangga bulat dengan ukuran yang kecil, seperti kelereng. Cirinya sepertibuah batu, serta mengeluarkan cairan kental dan bau khas seperti terpentin. Buah gandaria yang masih muda, warnanya hijau dan kalau sudah matang, warnanya kuning tua mendekati warna oranye dan bijinya yang berwarna ungu. Ciri daunnya tunggal, berbentuk bundar mendekati seperti telur lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudian berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Pohonnya yang berukuran sedang, dengan tinggi dapat mencapai 25m. Dahannya lebar memanjang dengan ujung yang tumpul, memiliki bunga yang menyerupai bunga mangga yang berwarna kuning, dan biasanya muncul di daerah ketiak daun. Musim berbunga pada tanaman ini biasanya antara bulan September sampai Desember.

2. Kehebatan Manfaat Buah Gandaria

Ternyata buah unik ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Buah gandaria memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks karena unsur air, protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, calcium, fosfor, vitamin C, thiamin, beta karotin dan beberapa zat lainnya ada di buah gandaria ini. Jika kita mengkonsumsi buah gandaria ini, ada beberapa manfaat bagi tubuh dan bisa sebagai solusi dari berbagai macam penyakit, seperti:

– dengan kandungan air dan zat besi pada buah gandaria, ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan tersebut sangat mudah diserap oleh tubuh dan langsung mebentuk energi yang baik sehingga daya tahan tubuh Anda akan meningkat.

– kandungan vitamin C pada buah ini pun membantu Anda mengatasi masalah sariawan, dapat membantu mengatasi permasalahan pada ginjal dan hati kita, serta membantu mencegah terjadinya keracunan pada tubuh, karena sifat buahgandaria dapat membantu menetralisir racun pada tubuh kita.

– serat pada buah gandaria sangat membantu melancarkan saluran pencernaan Anda, dengan kandungan serat yang melimpah pada buah tersebut, selain bisa membantu Anda mengatasi hambatan pada bagian pencernaan, serat pada buahgandaria ini bisa mengurangi kadar diabetes. Beberapa hasil penelitian kedokteran, dengan kita menkonsumsi makanan berserat, ternyata bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

– kandungan lainnya pada buah gandaria ini adalah beta karotin, dimana nutrisi tersebut membantu mengatasi permasalahan pada mata. Karena beta karoin memiliki sifat yang bisa cepat berubah menjadi vitamin A dan mudah diserap oleh tubuh.

Buah gandaria cara konsumsi nya pun bisa secara langsung, seperti menjadikan tambahan menu rujak atau di olah menjadi makanan asinan, di buat untuk tambahan menu bumbu masakan, atau langsung dimakan ketika buahnya sudah matang.

Tags:

Rate this article!

Kehebatan Buah Gandaria,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts