Ketahui Fakta Menarik Dari Buah Mangga Selain Manfaat Kesehatannya

buah mangga

buah mangga

buah mangga

buah mangga

Buah mangga punya rasa yang manis dan menjadi favorit bagi manusia segala usia. Mangga juga termasuk buah yang disukai oleh para orang tua karena mudah dicerna dengan menggunakan gigi yang sudah jarang-jarang. Di samping fakta bahwa buah mangga adalah buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi, buah yang memiliki banyak varietas ini juga punya berbagai fakta menarik termasuk mengenai asal dan cara memilih buah yang sudah matang. Mangga sendiri termasuk dalam tumbuhan kayu tingkat tinggi, artinya ia memiliki tinggi pohon lebih dari 5 meter, bahkan bisa lebih dari 10 meter. Buahnya termasuk buah musiman di mana hanya berbuah sekali dalam setahun. Tahukah Anda bahwa buah ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu? Simak fakta menarik lainnya mengenai buah mangga berikut.

Buah yang paling terkenal di dunia

Meski hanya bisa tumbuh di negara dengan iklim tropis, tapi buah mangga termasuk dalam buah yang paling populer di dunia. Diketahui mangga pertama kali ditanam di India pada 5.000 tahun yang lalu yang kemudian benihnya disebarkan dalam perdagangan dari Asia menuju Timur Tengah, Afrika Timur, dan juga Amerika Selatan yang dimulai pada tahun 300 sampai 400 tahun Masehi. Bagi masyarakat India, mangga punya makna tersendiri, misalnya membawakan sekeranjang mangga kepada orang lain diartikan sebagai gestur pertemanan. Masyarakat India juga percaya bahwa dulunya Buddha sering bertapa di bawah naungan pohon mangga yang teduh.

Sebagai simbol kemakmuran

Di beberapa negara, daun buah mangga digunakan sebagai dekorasi saat pesta pernikahan. Menggantung daun mangga saat pesta pernikahan mewakili doa agar pasangan yang menikah bisa memiliki banyak anak. Selain itu masyarakat juga menggantung daun mangga di rumahnya apabila keluarga tersebut dikaruniai anak laki-laki.

Memenuhi kebutuhan vitamin C

Setiap harinya manusia membutuhkan vitamin  C yang hanya bisa didapatkan dari sumber makanan karena tubuh kita tidakbisa memproduksinya sendiri. Satu cangkir buah mangga mengandung hanya 100 kalori saja, dan sudah bisa memenuhi 100% kebutuhan vitamin C manusia usia dewasa. Selain itu mangga juga sudah menyumbang 35% kebutuhan vitamin A dan 12% kebutuhan serat.  Dengan begitu Anda tidak perlu makan begitu banyak jenis makanan dengan kandungan kalori yang lebih banyak.

Cara memilih mangga yang sudah matang

Kulit buah mangga yang sudah menguning bahkan sampai merah belum tentu buah tersebut sudah matang. Anda bisa melihat kematangan buah mangga dengan cara sedikit menekannya. Mangga yang sudah matang akan terasa empuk ketika ditekan, apabila masih kencang berarti belum matang.  Mangga tidak harus matang di pohon, Anda bisa membuat mangga yang belum matang jadi matang dengan membungkusnya dalam kantong kertas lalu simpan di dalam suhu ruangan selama beberapa hari.  Jika buah mangga sudah matang, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es agar bisa disimpan lebih lama dan tidak busuk karena terlalu matang.

Bisa dinikmati dengan banyak cara

Buah mangga tidak hanya bisa dinikmati dengan cara konvensional. Bahkan di Amerika Latin, buah mangga yang sudah dikupas ditusuk dengan stik kayu kemudian dijual di pinggir jalan sebagai street food yang khas. Bahkan di Thailand mangga jadi menu kuliner khas dengan nasi.  Mangga juga bisa dinikmati dengan menambahkan garam atau air perasan lemon atau bahkan bubuk cabe untuk citarasa yang lebih nikmat. Mangga juga kerap digunakan untuk merendam daging sebelum diolah karena daging mangga bisa membuat daging lebih empuk dan gurih ketika dimasak nanti. Itu dia fakta-fakta menarik mengenai buah mangga.

Tags:
author

Author: 

Related Posts