Khasiat dan Efek Konsumsi Buah Merah

buah merah

buah merah

buah merah

buah merah

Buah Merah atau yang memiliki nama latin Pandanus Conoideus Lamk adalah buah yang berasal dari Papua. Buah ini dikenal memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi masyarakat Papua sendiri buah merah ini akan diambil sebagai sumber minyak nabati. Sumber minyak dari buah merah biasanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan pokok mereka seperti sagu dan ubi. Buah merah bisa digunakan sebagai sumber minyak nabati karena kandungan asam lemak dalam minyak tersebut hampir sama dengan minyak nabati dari kelapa sawit.

Buah ini dikatakan memiliki khasiat yang baik karena mengandung nutrisi penting seperti omega 3, omega 6, dan asam lemak omega 9. Kandungan asam lemak yang tertinggi dalam buah merah adalah asam oleat sebesar 30%. Selain itu, buahmerah mengandung banyak antioksidan karotenoid, vitamin E dan mineral. Terdapat pula senyawa lain yang cukup tinggi dalam buah ini yaitu betakaroten yang sangat bagus bagi kesehatan.

Khasiat buah merah

Dengan banyaknya nutrisi yang terdapat dalam buah merah maka sangat wajar jika buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menjadi pemicu bagi panyakit serius lainnya seperti stroke. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa membuat pembuluh darah menyempit atau mengalami kebekuan, lama kelamaan pembulu darah tersebut bisa pecah sehingga mengakibatkan kelumpuhan atau stroke. Buah merah memiliki kandungan anti oksidan dan betakaroten yang dapat mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi buah merah secara teratur dapat menghilangkan resiko penyakit darah tinggi dan stroke

  • Mengobati diabetes

Diabetes merupakan penyakit karena kadar gula dalam darah yang cukup tinggi. Hal itu terjadi diakibatkan insulin sebagai pengontrol gula darah tidak bisa dihasilkan secara maksimal oleh pankreas. Kandungan tokoferol dalam buah merah bisa membantu kelenjar pankreas untuk memproduksi inusulin agar dapat mengontrol kadar gula darah.

  • Mengatasi asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh gangguan lever yang memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat ini bisa mengakibatkan kelumpuhan dan kematian jika dibiarkan. Namun tokoferol dalam buah merah dapat mengencerkan darah dan memperbaiki fungsi lever kembali

  • Mencegah dan mengobati kanker

Buah merah mengandung antioksidan dan betakaroten yang dapat menghambat sel-sel kanker yang akan tumbuh. Selain itu buah merah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah dijangkiti sel-sel kanker dari zat radikal bebas

  • Menyehatkan mata

Kandungan betakaroten dan vitamin A pada buah ini sangat berguna bagi kesehatan mata. Sama halnya seperti mengkonsumsi buah wortel yang juga dapat mencegah mata dari kerusakan dan mempertajam penglihatan.

Efek Buah Merah

Selain memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, buah merah juga memiliki dampak negatif jika terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, diantaranya :

  • Jika terlalu banyak mengkonsumsi buah merah maka akan terasa efek lesu, lemah dan mengantuk. Hal tersebut karena kandungan sedative yang memberikan efek penenang.

  • Ada pula efek gatal ditenggorokan atau diare setelah mengkonsumsi buah merah. Diare atau rasa gatal tersebut bisa diakibatkan karena buah merah yang dimakan tidaklah bersih

  • Kandungan tokoferol juga bisa jadi berbahaya dalam dosis yang tinggi. Tokoferol dapat mengencerkan darah namun jika berlebihan bisa mengakibatkan pembuluh darah pecah

  • Jika diolah dengan salah maka buah merah ini bisa meningkatkan kolesterol dalam darah

  • Meskipun zat besi diperlukan oleh tubuh namun tidak boleh juga dalam kadar yang berlebih. Sedangkan zat besi sendiri sangat banyak kandungannya dalam buah merah.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts