Kupas Manfaat Rahasia Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

buah jeruk

buah jeruk

buah jeruk

buah jeruk

Manfaat Rahasia Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan gizi dalam jeruk pun terbilang lengkap. Dalam 100 gram jeruk diketahui terkandung 28,00 kalori energi, 7,20 karbohidrat, 0,50 gram protein, 0,10 lemak, 18,00 mg kalsium, 10,00 mg fosfor, 0,20 g serat, dan 0,10 mg besi. Ada pula kandungan vitamin komplit seperti vitamin A, B1, B2, dan niacin.

Dengan kandungan gizi lengkap, maka manfaat jeruk baik untuk kesehatan ataupun kecantikan tidak perlu diragukan. Manfaat itu pun bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi jeruk secara langsung ataupun mengolah bersama bahan makanan lain. Lantas apa sajamanfaat tanaman yang termasuk anggota marga citrus tersebut? Berikut diantaranya:

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang sudah disebut di awal, dalam jeruk tidak hanya terkandung vitamin C saja. Ada juga kandungan vitamin A yang bermanfaat menjaga kesehatan mata. Namun, kandungan vitamin A itu sebenarnya didapat dari caritenoid dalam buah jeruk yang dirombak menjadi vitamin untuk mata.

Mengatasi Kadar Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang bermasalah dengan kadar kolesterol tinggi, tidak perlu bingung. Masukkan jeruk dalam menu diet sehat harian Anda. Hal ini karena jeruk memiliki kandungan Pectin dan Hesperidin. Dari hasil uji lab diketahui bahwa kedua kandungan tersebut berperan aktif dalam menekan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Manfaatnya pun terasa nyata dengan adanya kandungan serat yang juga tinggi.

Mengatasi Kekakuaan Otot

Kekakuaan pada otot atau radang sendi tidak jarang mengganggu aktivitas harian. Siapa sangka bila mengonsumsi jeruk bisa menjadi solusi alternatif mengatasi radang sendi. Tidak hanya itu saja. Lebih lanjut kandungan asam folat dalam jeruk nyatanya juga sangat baikuntuk perkembangan otak.

Meningkatkan Sistem Imun

Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk memang tidak perlu diragukan lagi. Adanya kandungan vitamin C itu pun bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C dalam buah jeruk akan merangsang produksi sel darah putih seperlu membangun benteng pertahanan tubuh yang lebih kuat.

Melindungi Dari Kerusakan Kulit

Kandungan vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami. Alhasil mengonsumsi jeruk dapat pula menjadi cara alami melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian kulit Anda akan senantiasa terlihat segar, cerah, dan awet muda.

Menekan Risiko Batu Ginjal

Mengonsumsi jeruk secara rutin ternyata dapat membantu menekan risiko pembentukan batu ginjal. Namun, pastikan tetap memperhatikan porsi cukup. Pasalnya dalam jeruk juga terdapat kandungan gula cukup tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi berisiko pada penyakit kronis lain seperti stroke dan jantung. Adapun rutin mengonsumsi buah jeruk baik secara langsung ataupun diolah menjadi jus efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini diperoleh lantaran tingginya kandungan Heperidin dan magnesium dalam buah jeruk. Kedua kandungan tersebut memiliki andil tersendiri dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kardiak Aritmia

Kardiak Aritmia merupakan gangguan kesehatan berupa detak jatung yang tidak teratur saat berdetak. Adapun gangguan kesehatan tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi jeruk dalam porsi cukup. Pasalnya dalam jeruk terdapat kalium yang berfungsi mengontrol detak jantung supaya tetap seimbang.

Mencegah Kanker

Jeruk konon memiliki khasiat ampuh mencegah kanker. Mulai dari kanker mulut, paru-paru, usus besar, payudara, hingga kanker kulit.Manfaat ini dikarenakan dalam jeruk terdapat kandungan D-limonene. Kandungan D-limonene itulah yang dikenal sebagai suatu senyawa dalam buah jeruk yang efektif mencegah kanker.

Tags:
author

Author: 

Related Posts