Manfaat Buah Buahan Untuk Ibu Hamil

buah buahan untuk ibu hamil

buah buahan untuk ibu hamil

buah buahan untuk ibu hamil

buah buahan untuk ibu hamil

Manfaat buah buahan untuk ibu hamil baik untuk ibu maupun bayi yang dikandung sangat besar. Seorang ibu yang sedang hamil menbutuhkan serat yang tinggi agar bayi dapat berkembang dengan baik. Akan tetapi tak semua buah baik dikomsumsi bagi ibu yang sedang hamil. Berikut merupakan buah yang dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil.

Buahbuahan yang dianjurkan bagi ibu hamil

  • Buah kurma; buah yang berasal dari tanah Nabi ini sudah terkenal manfaatnya bagi kesehatan. Buah ini umumnya dikomsumsi saat buka puasa maupun sahur. Buah kurma memiliki rasa legi dan manis. Buah ini memiliki kandungan yang sangat tinggi pada serat, mangan, kalium, zat besi, belerang, kalsium, dan magnesium. Kandungan vitamin dan mineral di buah kurma sangat dianjurkan karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Zat besi dalam buah kurma dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Kandungan kalium juga sangat berperan penting dalam mengatasi kram dan pegal yang sering dialami oleh ibu hamil.

  • Buah alpukat; buah alpukat tak hanya bagus untuk kesehatan kulit saja. Buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Kandungan asam folat, vitamin B kompleks serta kalium pada buah alpukat sangat bermanfaat abgi ibu hamil. Asam folat akan membantu perkembangan otak serta tulang belakang janin. Bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, kandungan vitamin B kompleks sangat bagus untuk menguangi mual dan muntah pada awal kehamilan.

  • Buah manggis; tak salah kiranya bila saat ini banyak perusahaan herbal yang menggunakan kulit maggis sebagai bahan utama karena khasiat yang besar. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah manggis dapat menambah ketahanan tubuh yang kuat dan mampu menjaga keelastisitasan kulit selama hamil yang diakibatkan pertumbuhan janin. Kandungan asam folat dapat mengurangi resiko bayi terlahir premature maupun cacat organ. Mangan dapat menghindari bahaya radikal bebas danmembantu pembentukan tulang rawan dan kerangka bayi.

  • Buah naga; buah yang disebut dengan buah sejuta manfaat ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kehamilan. Kandungan vitamin C dapat membantu mengeluarkan dahak yang sering dialami oleh ibu hamil. Karena kulitnya yang tebal,buah ini juga memiliki sedikit kandungan pestisida sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

  • Buah apel; sebuah apel sehari menjauhkan dari dokter, agaknya pepatah ini memang benar adanya. Kandungan buah apel seperti vitamin A, B komplek, Vitamin C, tannin, asam malat, dan serat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apel dapat membantu berat badan tetap seimbang, dan membantu perkembangan janin.

Buah yang perlu dihindari ibu hamil

Meskipun pada umumnya buah memiliki kandungan gizi yang baik, namun pada ibu hamil terdapat beberapa buah yang justru dapat memberikan efek terbalik sehingga perlu dihindari. Buah durian, papaya dan nanas perlu dihindari selama kehamilan. Buah durian memiliki kandungan alcohol sehingga dapat memberikan efek pusing serta panas dalam perut. Buah durian juga memiliki kandungan asam arachdonat yang dapat memicu konstraksi rahim yang dapat memicu keguguran pada awal trisemester pertama. Papaya setengah matang juga mengandung lateks yang dapat memicu konstraksi rahim. Bila ingin konsumsi papaya, konsumsi yang sudah benar-benar matang karena akan bermanfaat mengatasi sembelit. Nanas memiliki kandungan zat Bromelain yang dapat menyebabkan pelunakan leher rahim dan dapat mengakibatkan premature. Dengan menghindari buah yang berbahaya bagi ibu dan janin, serta banyak mengkonsumsi serat dari buah buahan untuk ibu hamil maka ibu dan janin dapat tumbuh sehat.

Pencarian Terkait

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts