Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh

buah duku

buah duku

buah duku

buah duku

Siapa yang tidak kenal dengan buah duku, bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis dan sedikit asam ini memang bukan buah sepanjang musim, buah ini hanya ada pada waktu-waktu tertentu.  Tahukan Anda bahwa buah ini mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat dari buah duku :

  1. Sumber antioksidan

Sebagaimana buah-buahan pada umumnya, buah duku juga mengandung vitamin C. Salah satu kandungan dari vitamin C ini adalah antioksidan.  Antioksidan ini berperan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan pada tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat lain dari vitamin C adalah mencegah penuaan dini. Di dalam vitamin C terdapat sebuah senyawa yangdisebut dengan collagen yang akan membuat kulit menjadi lebih kenyal. Ini yang akan membuat kulit tidak mudah keriput atau dapat mengatasi penuaan dini.

  1. Menguatkan gigi

Kandungan fosfor yang ada di dalam buah ini juga berguna untuk memperkuat gigi dan juga gusi. Mengkonsumsi secara rutin tentunya akan membuat gigi dan juga  gusi menjadi kuat, dan juga mencegah terjadinya peradangan gusi dan sariawan pada mulut.

  1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C yang ada pada buah ini cukup untuk meningkatkan imun dalam tubuh. Oleh karena itu buah ini juga baik untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam masa pemulihan. Ketika imun tubuh meningkat maka berbagai macam penyakit tentu sulit masuk kedalam tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Tentu tidak ada yang menyangka bahwa buah duku dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Adalah carnitine sebuah zat yang akan mengarahkan lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Dengan mengkonsumsi secara rutin bukan tidak mungkin lambat laun berat badan akan menurun. Namun yang harus diperhatikan adalah tidak mengkonsumsibuah ini secara berlebihan, ketika tubuh kelebihan carnitine akan membuat tubuh kekurangan lemak, akibatnya tubuh mudah lemas, begitu juga sebaliknya, ketika tubuh kekurangan carnitine dan kelebihan lemak, maka berat badan akan meningkat.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Buah ini juga mengandung serat yang cukup baik, untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga sistem pencernaan. Kandungan serat dalam buah ini juga akan mengikat berbagai macam zat yang tidak dibutuhkan di dalam sistem pencernaan, sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain vitamin C buah duku juga mengandung vitamin E,  vitamin E ini sangat baik untuk menjaga kehatan kulit. Mengkonsumsi secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, mengatasi luka dan dapat mengatasi penuaan dini.

  1. Mengendalikan kadar kolesterol

Kandungan serat yang ada di dalam buah duku ini mampu mengatasi kolesterol berlebih di dalam tubuh. Mengkonsumsi secara rutin tentu akan membuat kolesterol terkikis secara perlahan.

  1. Mengatasi demam dan diare

Buah duku juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi deman dan juga diare, caranya adalah dengan menumbuk biji duku, dan campur dengan air secukupnya, kemudian konsumsi hingga habis. Rasanya mungkin akan sedikit pahit, namun ini adalah salah satu cara ampuh untuk atai demam dan diare.

  1. Mengatasi nyamuk

Kulit duku dapat Anda gunkan untuk mengatasi serangan nyamuk atau serangga lainnya. Caranya adalah dengan membakar kulit duku, maka lalat atau serangga lainnya tidak akan datang.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh Anda, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts