Manfaat Buah Mahoni Untuk Obat

Buah mahoni

Buah mahoni

Buah mahoni

Buah mahoni

Jika banyak orang menggunakan tanaman mahoni untuk diambil kayunya, maka yang akan dibahas kali ini adalah buahmahoni untuk obat. Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah mahoni tersebut dapat Anda jadikan sebagai obat. Buahmahoni ini mempunyai rasa yang cukup pahit, akan tetapi di balik itu semua terdapat berbagai macam kandungan seperti adanya kandungan saponin, flavinoid, vitamin, asam lemak, dll. Dengan adanya beberapa kandungan tersebut maka tidak heran jika buah ini dapat digunakan sebagai obat, seperti :

  1. Dapat mengatasi sakit jantung

Adanya kandungan flavonoid dalam buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan baik, kandungan saponin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu mengkonsumsi buah ini juga dapat meluruhkan kolesterol berlebih dalam pembuluh darah.

  1. Dapat mengatasi sembelit

Apabila Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah mahoni, buahini dapat Anda gunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Caranya adalah dengan menghaluskan buahini dan konsumsi dengan menggunakan air hangat.

  1. Dapat mengatasi beberapa penyakit ganas

Ada beberapa penyakit yang cenderung sulit untuk disembuhkan seperti penyakit alzaimer, namun kini Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengkonsumsi bubuk buah mahoni yang telah diseduh dengan air hangat. Konsumsi secara teratur, dengan demikian maka penyakit ini akan dapat diatasi secara perlahan, dan usia Anda akan tetap bertahan.

  1. Dapat mentabilkan kondisi gula darah

Kandungan saponin yang ada didalam buah mahoni ini dapat membuat kadar gula di dalam darah menjadi stabil dan mengalir dengan baik.

  1. Mencegah gigitan seranggga

Anda dapat menghaluskan buah mahoni, kemudian dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap gigitan serangga. Kandungan saponin di dalam buah ini dapat mencegah pembengkakan yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

  1. Meminimalisir sakit saat mentruasi

Apabila Anda sering nyeri haid tidak ada salahnya mengkonsumsi buah mahoni secara rutin, beberapa kandungan dalambuah ini mampu mengatasi rasa nyeri akibat menstruasi tersebut.

  1. Dapat meningkatkan kesuburan pada wanita

Buah mahoni juga dapat Anda jadikan sebagai sebuah suplemen. Terutama Anda para wanita, mengkonsumsi secara rutin tentunya akan membuat kesuburan menjadi lebih baik. Tentunya ini akan menjadi sebuah suplemen yang baik untuk Anda, terutama Anda yang sangat menginginkan buah hati.

  1. Dapat menambah berat badan

Apabila Anda mempunyai tubuh yang sangt kurus dan ingin menambah berat badan secara alami, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi buah mahoni secara rutin, karena beberapa kandungan dalam buah ini dapat membuat nafsu makan meningkat, hingga akhrinya berat badan naik.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menjaga tubuhdari radikal bebas yang ada di alam raya ini.

Akan tetapi yang harus Anda perhatikan dari biji mahoni adalah tidak mengkonsumsi secara berlebihan, karena efek samping yang akan didapat adalah dapat memicu terjadinya batu empedu. Untuk itu ketika Anda hendak menggunakan buah mahoni ini berbagai obat, ada baiknya jika mengunakan sesuai dengan takaran yang pas.

Cara membuat biji buah mahoni sebagai obat adalah dengan mengupas kulit luar dari buah tersebut, kemudian keringkan di bahah sinar matahari, kemudian tumbuh biji tersebut hingga halus, dan seduh menggunakan air hangat.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts