Manfaat Buah Sukun Untuk Tubuh

buah sukun

buah sukun

buah sukun

buah sukun

Buah sukun atau orang mengenalnya dengan buah roti atau breadfruit adalah buah memiliki daging yang empuk seperti roti ketika sudah matang selain itu buah ini juga kaya akan serat. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah ini adalah karbohidrat, serat, energy, fruktosa, protein, kalsium, mineral, magnesium zat besi, kalium, fosfor, zink, sodium, niacin, folat, thiamin, fibiflavin, vitamin B6, C, E, dan vitamin K. Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam buah ini, maka buah ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Adapaun beberapa manfaat yan akan Anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah ini adalah :

  • Kaya akan kandungan serat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah sukun ini kaya akan kandungan serat. Kandungan serat dalam buah ini sangat baik untuk tubuh, seperti dapat menyerap kandungan gula berlebih dalam tubuh, mengurangi kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, sehingga baik untuk mereka yang sedang melakukan diet, dll. Dengan tingginya kandungan serat ini tentunya akan membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh karena itu tidak heran jika buah ini sangat baik dan dapat dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

  • Baik untuk pertumbuhan otak

Buah ini juga mengandung omega 3 dan juga 6, kandungan ini sangat baik untuk otak. Kandungan ini sanagt baik untukmenutrisi otak, sehingga membaut kinerja otak menjadi lebih baik, dan tentunya membuat daya ingat menjadi lebih baik. Selain itu buah ini juga mengandung asam lemak yang baik untuk kinerja jantung menjadi lebih baik.

  • Dapat mengatasi sembelit

Dengan tingginya serat yang ada di dalam buah ini membuat kinerja system pencenaan menjadi lebih baik, efeknya adalah buang air besar menjadi lebih lancar. kandungan serat juga akan membuat berbagai macam zat yang tidak dibutuhkan di dalam system pencernaan dibuang bersama sisa pencernaan lainnya.

  • Baik untuk kecantikan kulit

Tidak banyak yang mengetahui bahwa buah sukun juga baik untuk menjaga kecantikan kulit.  Itu karena adanya kandungan omega 3, 6, vitamin c dan E, yang akan menutrisi kulit. Itu sebabnya jika anda ingin mempunyai kulit yang cantik dan halus tidak ada salahnya mengkonsumsi buah sukun ini secara rutin.

  • Sumber antioksidan

Buah sukun juga mengadung antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah ini juga baik untuk mencegah jika terjadi infeksi pada kulit, dan juga mencegah masuknya berbagai macam radikal bebas ke dalam tubuh.

  • Sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Satu lagi manfaat dari omega 3 dan 6 yang ada dalam buah sukun ini adalah untuk menjaga kesehatan folikel rambut. Kandungan nutrisi ini akan membuat rambut tidak mudah rontok, akar rambut menjadi lebih kuat, sehat, dan juga indah. Ini adalah salah satu cara utnuk mencegah kebotakan. Selain itu sukun juga mampu mengatasi ketombe.

  • Sebagai pengganti nasi

Apabila Anda merasa bosan mengkonsumsi nasi, maka konsumsi saja buah sukun. Buah ini dapat Anda gunakan sebagai pengganti karbohidrat selain nasi. Kandungan di dalam buah ini tidak kalah dibandingkan dengan nasi putih. Mengkonsumsi buah sukun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda saat itu.

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mengkonsumsi Buah sukun yang sudah matang, seperti dengan cara digoreng, dikukus, atau jika sudah terlalu matang, dapat Anda buat cake, tentunya ini akan menjadi camilan yang nikmat dan menyehatkan.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts