Manfaat Buah Tomat Untuk Tubuh

buah tomat

buah tomat

buah tomat

buah tomat

Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat. Buah yang kaya akan nutrisi ini tentu tidak dapat dilewatkan begitu saja. Tomat ini dapat digunakan untuk berbagai macam, selain untuk sebagai salah satu bumbu masakan, tomat juga dapat digunakanuntuk dibuat minuman, kue, atau hal lainnya. Ada berbagai macam kandungan yang terdapat dalam buah ini, seperti vitamin A, B6, C, dan K, selain itu ada juga kandungan asam folat , kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, dan berbagai macam kandungan lainnya. Mengkonsumsi secara rutin tentunya akan membuat tubuh tetap sehat dan juga baik untuk kecantikan kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari buah tomat ini :

Untuk kesehatan

Adapun beberapa manfaat yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi buah ini secara rutin untuk kesehatan tubuhadalah :

  • Dapat mengatasi kanker

Kandungan likopen yang terdapat dalam buah ini, dapat menurunkan resiko kanker sebesar 31%, tertama resiko terkena kanker pancreas. Kandungan nutrisi yang lebuh banyak terdapat dalam buah tomat yang sudah masak.

  • Dapat meningkatkan kesehatan mata

Kandungan beta karoten dalam tomat juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal ini baik untuk mencegah terjadinya rabun senja.

  • Dapat memperbanyak ASI

Mengkonsumsi buah tomat seara rutin juga mampu memperbanyak ASI untuk ibu yang sedang menyusui. Buah tomat dapat meningkatkan konsentrasi pada likopen ASI.

  • Dapat menurunkan berat badan

Tomat juga dapat Anda masukan ke dalam salah satu menu diet. Tomat mengandung serat dan air yang cukup baikm sehingga baik untuk mengisi perut.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potassium, serat, kalium, vitamin C, serat, dan juga kolein yang ada di dalam buah tomat ternyata dapat menjaga kesehatan jantung.  Dengan demikian mengkonsumsi secara rutin buah ini tentunya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Untuk kecantikan

Sedangkan manfaat buah tomat yang akan Anda dapatkan untuk kecantikan, adalah :

  • Dapat mengatasi kulit berminyak

JIka Anda mempunyai kulit berminyak, maka tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan masket dari tomat. Caranya adalah dengan mengiris tomat segar, kemudian tempelkan pada kulit selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Tabir surya

Seperti diketahui bersama terik matahari tidak baik untuk kesehatan kulit, terutama ketika Anda berjemur terlalu lama, untukmengatasinya Anda dapat mengaplikasikan jus tomat yang sudah dicampur dengan yoghurt secukupnya pada kulit secara merata, kemudian tunggu hingga 15 menit, dan bilas hingga bersih.

  • Mengatasi kerontokan rambut

Kandungan vitamin A yang ada pada buah ini tidak hanya baik untuk mata tapi juga baik untuk rambut. Anda dapat menggunakan jus tomat untuk keramas secara rutin, hal ini akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan membuat rambut menjadi lebih berkilau. Selain itu kandungan vitamin A ini juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi Anda.

  • Mencegah jerawat

Kandungan vitamin E pada tomat ternyata dapat membuat kulit Anda terbebas dari masalah jerawat. Caranya sangat mudah, Anda daapt menggunakan masker buah tomat, caranya adalah menghaluskan kemudian aplikasikan pada wajah seara merata, atau Anda dapat mengiris tipis dan mengaplikasikan pada wajah secara merata.

  • Mencegah komedo

Tomat juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi komedo. Caranya adalah dengan mengiris  tipis buah tomat kemudian tempelkan pada bagian yang berkomedo, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sambil gosok secara perlahan, dengan demikian kulit wajah Anda akan terbebas dari komedo.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts