Manfaat Mengkonsumsi Buah Kepel Untuk Tubuh

Buah kepel

Buah kepel

Buah kepel

Buah kepel

Buah kepel dalam bahasa Jawa atau buah Burahol dalam bahasa Sunda adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di pulau Jawa. Tanaman ini sendiri memiliki nama ilmiah Stelechocarpus burahol memiliki beberapa kandungan seperti flavonoida, saponin, polifenol, selain itu pada bagian biji terdapat kandungan alkaloida. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah ini :

  1. Mangatasi batu ginjal

Buah ini mengandung sifat diuretic, kandungan ini dapat memperlancar air seni, oleh karena itu tidak heran jika buah ini dapat dipergunakan untuk mengatasi batu ginjal, dan membersihkan batu ginjal. Jadi apabila Anda mempunyai penyakit batu ginjal ada baiknya jika mengkonsumsi buah ini secara rutin. Apabila Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka air seni menjadi harum.

  1. Menghaluskan kulit bayi

Untuk Anda para ibu hamil yang ingin kulit bayinya mulus tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah ini. Kandungan vitamin C terutama senyawa kolagen dalam buah ini dapat digunakan untuk menghaluskan kulit.  Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan juga dapat membuat kulit menjadi halus, dan menyehatkan tubuh. Akan tetapi ketika Anda mengkonsumsi buah ini sebaiknya ketika hamil tua, bukan pada hamil muda.

  1. KB alami

Buah ini juga dapat Anda gunakan sebagai KB alami. Khususnya Anda para wanita yang sementara ini ingin menunda kehamilan ada baiknya mengkonsumsi buah ini. Karena beberapa kandungan dalam buah ini dapat membuat proses kehamilan menjadi tertunda. Jadi bagi Anda yang ingin menunda kehamilan ada baiknya mengkonsumsi buah ini.

  1. Menurunkan kolesterol

Buah dan biji dari kepel ini mengandung beberapa senyawa seperti polifenol, flavonoida, dan juga polivenol. Kandungan tersebut dapat Anda gunakan untuk mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh. Anda dapat menggunakan buah ini untuk dikonsumsi secara langsung, atau menggunakan daun kepel sebagai lalaban. Mengkonsumsi secara langsung dapat menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh.

  1. Radang ginjal

Anda yang mempunyai penyakit radang ginjal juga dapat mengkonsumsi buah ini secara rutin, cara menggunakannya adalah dengan mengkonsumsi buah kepel dari kulit dan biji buah kepel. Untuk Anda yang ingin mengatasi radang ginjal mudah saja, konsumsi saja buah ini secara rutin, maka darang ginjal akan teratasi dengan baik.

  1. Asam urat

Buah ini juga dapat Anda konsumsi untuk mengatasi asam urat. Selain buah Anda juga dapat menggunakan daun kepel. Caranya adalah dengan merebus 7 lembar daun kepel, bersama 3 gelas air, rebus hingga tersisa 1 gelas. Konsumsi minuman ini 2 kali sehari dengan setiap kali konsumsi sebanyak 1 sendok makan.  Anda dapat mengkonsumsi buah atau rebusan daun kepel ini secara rutin hingga penyakit asam urat sembuh.

  1. Bau keringat

Manfaat lain ketika Anda mengkonsumsi buah kepel ini adalah dapat mengatasi bau badan. Selain bau badan, buah ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi bau mulut dan bau keringat. Para putri keraton pada zaman dahulu mengkonsumsibuah ini secara rutin, untuk mengatasi bau badan.

  1. Vitamin C tinggi

Buah kepel ini juga mengandung vitamin C tinggi. Adapun manfaat dari vitamin ini adalah dapat membersihkan darah, dapat memperkuat ginjal, dapat memperkuat paru-paru, memperkuat liver, dan juga dapat memperlancar peredaran darah.

Buah kepel ini memang termasuk buah langka, akan tetapi buah ini mengandung manfaat yang luar biasa, dengan mengkonsumsi secara rutin, tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts