Manfaat Mengkonsumsi Buah Kersen

Buah kersen

Buah kersen

Buah kersen

Buah kersen

Buah kersen, mungkin orang jarang mendengarnya. Buah ini sendiri memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, seperti di Jawa nama buah ini menjadi buah talok, sedangkan di Jakarta dan Lampung buah ini disebut dengan buah ceri. Nama ilmiah dari buah ini adalah mintingia calabura L. Buah ini mempunyai rasa yang manis juga sudah matang, sedangkan bentuk dari buah ini, adalah kecil dan bulat.

Kandungan buah kersen

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini, adapun nutrisi yang terdapat dalam buah ini /100 g adalah :

  • 77.8 g air

  • 1.56 g lemak

  • 0.324 g protein

  • 4.6 serat

  • 0.065 mg vitamin B / thiamin

  • 80.5 mg vitamin C/ ascorbic acid

  • 124.6 mg kalsium

  • 84 mg fosfor

  • 1.18 mg zat besi

  • 0.019 mg karoten

  • 0.554 mg niacin

  • 0.037 mg riboflavin

Manfaat buah kersen

Dengan adanya berbagai macam kandungan yang ada dalam buah ini , maka wajar saja jika buah ini sangat bernutrisi dan baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kersen yang perlu Anda ketahui :

  1. Antibakteri

Buah kersen ini mempunyai kandungan Vitamin C yang baik untuk tubuh. Vitamin C ini juga baik sebagai anti bakteri yang dapat membuat tubuh kebal terhadap bakteri. Kandungan antibakteri yang ada pada buah ini lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya.

  1. Antioksidan

Kandungan vitamin C yang ada pada buah ini juga dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh dan juga baik untuk menangkal radikal bebas yang ada di alam raya. Antioksidan yang ada dalam buah ini baik untuk membuat tubuh terhidandar dari radikal bebas.

  1. Antiseptik

Selain buah, bagian lainnya yang dapat digunakan sebagai antiseptic adalah bagian daun, caranya adalah dengan merebusnya dan mengkonsumsi air rebusan tersebut.  Daun kersen dapat membunuh bakteri, termasuk diantaranya adalah S. aureus, C. diphtheriae, P. vulgaris, K. Rhizophil dan S. epidermidis. Anti bakteri dari daun kersen tersebut berasal dari beberapa senyawa, seperti flavonoid, tannin dan saponin.

Selain dapat digunakan sebagai anti-septik, rebusan daun kersen juga dapat digunakan sebagai anti inflamasi, dan juga anti tumor. Manfaat lain ketika mengkonsumsi buah ini secara rutin adalah dapat mengatasi kanker. Buah ini mengandung flavonoid yang dapat mengatasi kanker.

  1. Asam urat

Buah kersen juga mengandung fruktosa yang terbilang aman untuk Anda yang mempunyai penyakit diabetes. Mengkonsumsi secara rutin juga dapat membuat insulin yang ada dalam tubuh terjaga dengan baik, yang membuat penyakit ini sembuh secara perlahan.

  1. Menjaga jantung

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, daun kersen juga dapat Anda gunakan untuk melindungi jantung. Kandungan miokardium dalam daun dan juga buah kersen berfungsi untuk menurunkan kebocoran enzim miokardium dalam tubuh.

  1. Kram perut

Selain daun dan juga buah kersen, bagian lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai obat adalah bunga kersen. Bunga kersen ini dapat Anda gunakan sebagai antiseptic untuk mengatasi kram perut. Caranya adalah dengan merebus bunga kersen ini dan mengkonsumsi air rebusan tersebut secara teratur.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, buah kersen ini juga bermanfaat untuk mengatasi flu, kejang, diare, maag, tekanan darah tinggi, kolesterol, meredakan sakit kepala, memperlambat proses penuaan dini, dan mengatasi batuk. Buah kersen sendiri dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat sirup dengan campuran kayu manis, garam, gula pasir, vanilla dan buah kersen itu sendiri.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts