Manfaat Sehat Ciplukan yang Harus Anda Tahu

buah ciplukan

buah ciplukan

buah ciplukan

buah ciplukan

Banyak orang yang tidak tahu bahwa buah ciplukan bukan sekedar buah liar tanpa manfaat. Buah mungil berwarna hijau kekuningan ini biasanya tumbuh di area persawahan. Ada beberapa fakta sehat tentang buah ini.

Kandungan nutrisi baik

Ternyata kandungan nutrisi cipulak tidak kecil. Tidak hanya dalam buahnya, bahkan biji dan akar tanaman ini pun memiliki kandungan nutrisi baik. Daging buah ciplukan mengadung vitamin C yang tinggi. Selain itu daging buahnya juga mengandung tanin, fisalin, kriptoxanin, steroid, dan polifenol yang mampu melawan radikal bebas. Biji – biji kecil yang terletak di dalam buahnya juga mengnadung beberapa nutrisi penting seperti asam stearat dan asam palmiat. Meski kurang populer dibanding buahnya, tunas muda pada daun ciplukan juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung flavonoid juga saponin. Anda dapat mengkonsumsi daun – daun muda ciplukan sebagai sayuran.

Manfaat sehat buah ciplukan

Ada beberapa manfaat sehat mengkonsumsi ciplukan.

Menurunkan tekanan darah

Ciplukan dapat dengan efektif menurunkan tekanan darah. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu sekitar 5 gram buahciplukan yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian didihkan perlarhan dengan 110 ml kurang lebih selama 10 sampai 15 menit sambil terus diaduk. Saring air rebusan buah ciplukan ini kemudia minumlah 2 kalii sehari. Sebaiknya Anda tidak membuat minuman ini terlalu banyak, karena menyimpannya terlalu lama akan merusak kandungan nutris di dalamnya.

Obat sakit paru – paru

Tambahkan beberapa lembar daun, potongan batang, dan akar saat Anda membuat rebusan buah ciplukan. Anda dapat menambahkan kadar air hingga 300 ml untuk mendidihkannya. Bagi air rebusan yang sudah disaring menjadi tiga bagian dan minumlah tiga kali sehari. Kandungan nutrisi dan mineral pada keseluruhan tanaman ciplukan ini mampu memberbaiki kondisi paru – paru Anda.

Mencegah ayan

Jika Anda memiliki potensi penyakit epilepsi, mengkunsumsi minimal 8 sampai 10 butir ciplukan setiap hari mampu mengurangi mencegah ayan atau epilepsi. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga sangat baik untuk meningkatkan saya tahan tubuh dan mencegah sariawan.

Anti kanker

Manfaat terakhir yang begitu besar adalah sebagai buah anti kanker. Kandungan vitamin dan mineral, terutama stereoid merupakan zat yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas dan melawan karsinogen atau zat pemicu kanker yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Konsumsi ciplukan dengan benar

Memang manfaat ciplukan sangatbesar dan beragam, namun buah ini belum dikembangkan secara baik sebagai produk pertanian di Indonesia. Kebanyakan orang mendapat ciplukan dari pohon – pohon ciplukan yang tumbuh liar di area persawahan atau kadang diantara rumput – rumput liar. Alih – alih mendapat manfaat yang maksimal, jika kita tidak memperhatikan beberapa hal sepele namun berakibat besar, ciplukan ini justru membawa banyak karsinogen bagi kita.

Pertama, cuci dengan benar. Ciplukan memiliki kulit tipis yang mengembang diluar buahnya. Kupas dengan baik, kemudian cuci buah yang telah dikupas dengan air mengalir sebelum mengkonsumsinya. Besar kemungkinan ciplukan yang Anda dapat telat terpapar pestisida.

Kedua, konsumsi buah yang sudah cukup matang. Tidak disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi ciplukan yang masih mentah. Selain rasanya agak pahit, kandungan nutrisinya juga tidak setinggi ciplukan yang sudah masak.

Yang terakhir, jika Anda perlu mengkonsumsi daun dan akar ciplukan, bersihkanlah dengan sempurna. Cuci dibawah air kran yang mengalir deras, terutama untuk mencuci daunnya. Bukan hanya buah ciplukan yang terpapar pestisida dan kotoran lain, daunnya pun sangat beresiko terkena paparan radikal bebas.

Tags:
author

Author: 

Related Posts