Mengenal Buah Kundur

buah kundur

buah kundur

buah kundur

buah kundur

Tidak banyak masyarakat yang mengenal manfaat dari Buah Kundur. Bahkan masih banyak orang – orang yang baru mengetahui keberadaan Buah Kundur. Buah Kundur adalah buah yang biasanya dijadikan untuk sayur. Sebutan nama pada buah kundur ini juga bermacam – macam. Di daerah Minangkabau, buah ini dikenal dengan nama Kundus, di Aceh buah ini dikenal dengan nama Kundo, di daerah Jawa disebut dengan Beligo dan masih banyak lagi sebutan lainnya tentang Buah Kundur.

Manfaat Buah Kundur

Walaupun mungkin belum banyak yang mengenal buah Kundur ini, buah ini telah ada dan memberikan manfaat bagi yangmengonsumsinya. Pada saat buah Kundur ini masih mentah, terdapat bulu – bulu halus yang akan hilang pada saat buah ini sudah matang atau tua. Bentuk buah ini bulat dan juga memanjang dan memiliki warna hijau. Bahkan besarnya ini bisa mencapai 2 meter. Biji yang ada di dalam Buah Kundur ini berwarna putih dan memiliki bentuk yang pipih dan keras. Walaupun bentuknya mungkin dari buah ini tidak terlalu menarik, namun banyak manfaat yang diberikan di dalam buah ini.

  • Dapat Menurunkan Kolesterol Dan Gula Darah

Kandungan serat yang ada di dalam buah kundur ini cukup tinggi sehingga mampu untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak yang ada pada tubuh. Kalori yang ada di dalam buah ini cukup rendah. Kandungan serat ini dapat membantu pembuangan sisa – sisa makanan yang telah menjadi asupan. Berdasarkan sebuah hasil penelitian, Buah Kundur ini dapat menurunkan kadar gula darah yang terdapat pada pasien diabetes melitus. Hal ini disebabkan karena menurunnya jumlah karbohidrat yang diserap dan juga disebabkan dengan adanya peningkatan reaktivitas insulin yang terdapat di dalam buah kundur.

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan adalah masalah yang cukup rumit untuk sebagian orang. Kandungan kalori yang cukup rendah ini hanya menyumbangkan 13 Kcal dari setiap konsumsi 100 gram buah Kundur. Para ahli diet pun menyarankan konsumsi buah ini pada saat melakukan program berat badan.

  • Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Di dalam Buah Kundur ini juga terdapat kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C inilah yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat menjadi risiko berkembangnya penyakit kanker.

  • Melindungi Sistem Pencernaan

Kandungan di dalam buah kundur ini dapat melindungi sistem pecernaan. Buah ini dapat memperkuat usus. Nutrisi serat dan air yang berada di dalamnya ini dapat menyeimbangkan keasaman. Saat gangguan pencernaan atau hyper keasaman, bisa diatasi dengan meminum jus Buah Kundur. Buah Kundur ini juga mampu menyeimbangkan basa di dalam tubuh dan juga usus.

Memiliki Efek Samping

Dari sekian banyak manfaat yang diberikan buah kundur, ternyata buah ini memiliki sedikit efek samping. Saat seseorang menderita penyakit rematik, sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini. Karena Buah Kundur ini dapat membuat penderita semakin terasa nyeri. Buah kundur yang masing belum matang memiliki kandungan kalsium oksalat yang bisa mengakibatkan iritasi pada mulut. Untuk menghindari hal ini sebaiknya buah ini dicuci dan dibersihkan dari getah. Caranya adalah dengan menggunakan air garam yang dicampur dengan kapur sirih. Sementara untuk penderita ginjal, kandungan kalsium oksalat dalam buah Kundur ini dapat membentuk batu ginjal sehingga sebaiknya konsumsi buah kundur ini dihindari. Walaupun begitu, kandungan air di dalam buah kundur ini juga baik untuk mengatur suhu tubuh.

Tags:

Rate this article!

Mengenal Buah Kundur,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts