Mengenal Khasiat Buah Nangka Melalui Kandungan Gizinya

buah nangka

buah nangka

buah nangka

buah nangka

Buah nangka sangat mudah dikenali dari bentuk buah yang berduri. Hampir mirip seperti durian, hanya saja ukuran dari buah satu ini lebih besar. Nangka memiliki keharuman buah yang akan tercium ketika kulit buah diiris. Buah ini memiliki daging buah berwarna kuning dan memiliki biji berukuran sebesar ibu jari orang dewasa. Tidak sekadar dikonsumsi sebagai buah, nangka ternyata memiliki khasiat yang tersembunyi di setiap kandungan gizinya.

Kandungan Gizi Fruktosa dan Sukrosa

Kandungan gizi di dalam nangka yang perlu Anda ketahui adalah fruktosa dan sukrosa. Kedua kandungan gizi tersebut berkhasiat untukmemberikan energi Anda yang sudah berkurang. Fruktosa dan sukrosa merupakan gula sederhana yang jika dikonsumsi akan melakukan revitalisasi energi di dalam tubuh. Jika Anda sedang lelah, mengkonsumsi nangka akan segera mengembalikan tenaga yang sempat drop.

Kandungan Gizi Vitamin A

Kandungan gizi seperti vitamin A dalam nangka memang tidak terlalu besar jumlahnya. Namun, khasiat vitamin A sendiri mampu menambah senyawa antioksidan di dalam tubuh Anda. Termasuk karotenoid di dalam nangka mencegah dari pertumbuhan sel kanker yang dapat menyebabkan kanker rongga mulut ataupun kanker paru-paru. Bahkan kandungan vitamin A yang dapat dikatakan minoritas dibanding kandungan gizi lainnya pada nangka, dapat mencegah Anda dari serangan anemia. Jika Anda kurang darah, konsumsi saja nangka.

Kandungan Gizi Vitamin B Kompleks

Kandungan gizi vitamin lainnya di dalam nangka adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini sangat berguna untuk menjagakesehatan tubuh karena jumlahnya yang banyak. Vitamin B kompleks yang terdapat di dalam nangka antara lain, Niasin, Riboflavin, Pyridxine, sampai dengan asam folat.

Kandungan Gizi Vitamin C

Kandungan gizi di dalam nangka yang berkhasiat untuk mencegah infeksi adalah vitamin C. Selain itu, vitamin C juga berkhasiat untukmencegah pertumbuhan dari sel-sel degeneratif yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Kandungan Gizi Kalium

Kandungan gizi buah nangka juga tinggi dengan mineral. Salah satunya adalah kalium yang berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Mineral kalium mampu melakukan kontrol terhadap ritme jantung. Sehingga jika ritme jantung Anda sering terasa terlalu cepat dan membuat sesak, maka konsumsilah nangka. Mineral kalium juga dapat mengatur tekanan darah di dalam tubuh agar berjalan dengan normal. Gangguan seperti darah tinggi pun dapat dicegah dengan Anda mengkonsumsi nangka.

Kandungan Gizi Serat

Kandungan gizi serat pada nangka juga terbilang tinggi. Mengkonsumsi buah yang memiliki aroma khas ini dapat membuat Anda memiliki pencernaan sehat dan terjaga. Masalah susah buang air bebas tidak akan ada dalam kamus Anda selama mengkonsumsi nangka dalam jumlah yang tidak berlebihan. Ketika sistem pencernaan Anda lancar, maka potensi pertumbuhan dari sel kanker yang dapat menyerang usus besar dapat dihambat. Karena itu, kandungan gizi serat dari nangka harus Anda rasakan khasiatnya untuk kesehatan pencernaan yang lebih terjaga.

Buah berbiji ini termasuk mudah Anda jumpai di Indonesia. Sehingga jika Anda ingin memiliki semua khasiat yang telah disebutkan di atas, maka mencari nangka bukan hal sulit untuk dilakukan di negara beriklim tropis ini. Konsumsilah daging buah nangka atau dapat pula mengolahnya menjadi sajian yang lebih sedap seperti kolak nangka, selain nangka, atau lainnya. Selama Anda mengkonsumsinya secara tidak berlebihan setiap kandungan gizi tersebut akan berkhasiat bagi tubuh. Karena buah yang memiliki khasiat luar biasa adalah buahnangka.

Tags:
author

Author: 

Related Posts