Mengetahui Khasiat Buah Mahkota Dewa

buah Mahkota Dewa

buah Mahkota Dewa

Buah Mahkota Dewa adalah salah satu buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena banyak sekali jenis tanaman ini yang tumbuh di masyarakat. Namun, masih banyak juga masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan tentang manfaat yang terdapat pada buah Mahkota Dewa. Terlebih lagi, dengan pengetahuan dalam membedakan tumbuhan Mahkota Dewa dengan tumbuhan lain ini masih sangat terbatas.

Bentuk Tanaman Mahkota Dewa

Sebelum mengonsumsi buah Mahkota Dewa ini, ada baiknya mengenali terlebih dahulu bentuk tanamannya seperti apa. Sehingga, tidak tertipu atau terkecoh dengan banyaknya bentuk tanaman yang serupa dengan tanaman Mahkota Dewa.

  • Batang

Bentuk batang dari tanaman Mahkota Dewa ini adalah bulat dan juga memiliki permukaan yang kasar. Bagian kulit batang dari tanaman Mahkota Dewa ini memiliki warna cokelat agak kehijauan, sementara bagian batang kayunya memiliki warna putih.

  • Akar

Tanaman Mahkota Dewa memiliki jenis akar tunjang.

  • Daun

Daun yang dimiliki oleh tanaman Mahkota Dewa adalah tunggal dan berhadap – hadapan. Daun Mahkota Dewa ini memiliki tangkai yang pendek. Bentuk daunnya sendiri lonjong dan juga runcing. Daerah tepi daun rata dan permukaan daun juga tidak berbulu dan tidak licin. Daun Mahkota Dewa ini juga memiliki warna hijau tua dan berukuran panjang maksimal sebesar 10 cm dan lebar maksimal 5 cm.

  • Bunga

Bentuk bunga Mahkota Dewa ini adalah tabung. Bunga ini pun akan tumbuh sepanjang tahun. Bagian bunga ini muncul di sekitar bagian batang atau ketika daun dengan merata. Bentuk bunga yang kecil ini warnanya putih dan memiliki aromayang harum. Sekilas bentuknya ini mirip dengan bunga cengkeh.

  • Buah

Buah Mahkota Dewa ini memiliki bentuk bulat namun agak lonjong di bagian ujungnya. Diameter maksimal buah Mahkota Dewa sebesar 5 cm. Ketika sudah matang, buah ini berwarna merah sementara ketika muda masih berwarna hijau. Daging buah Mahkota Dewa berwarna putih dan di dalamnya terdapat kandungan air dan juga serat.

  • Biji

Bagian biji ini merupakan bagian yang paling beracun dari tanaman Mahkota Dewa. Bentuknya sendiri bulat dan lonjong serta memiliki tekstur yang keras. Bagian kulit biji memiliki warna cokelat sementara bagian dalamnya putih. Diameter biji Mahkota Dewa ini sebesar 1 cm.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Seperti banyak buah – buah lainnya, buah Mahkota Dewa juga memiliki manfaat ketika dikonsumsi. Berikut manfaat yangbisa disimak tentang buah Mahkota Dewa.

  • Bisa Menjadi Detoksifikasi

Detoks sendiri adalah proses pengeluaran racun yang mengendap dan ada pada tubuh. Kebanyakan racun ini mengendap di dalam usus. Dan yang paling mengerikan dari pengendapan racun dalam usus ini adalah kanker usus. Dengan meminum air Mahkota Dewa yang telah direbus tanpa biji ini selama seminggu sekali bisa membantu membuang racun melalui urin, feses, dan juga keringat.

  • Menangkal Bakteri

Buah Mahkota Dewa ini mengandung alkaloid yang memiliki manfaat untuk menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh jadi tidak mudah terinfeksi bakteri.

  • Menangkal Virus

Selain bisa menangkal virus, kandungan alkaloid ini juga bisa memiliki manfaat sebagai anti virus dalam tubuh. Buah Mahkota Dewa memiliki sifat anti virus yang akan menangkal beragam virus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Beberapa hal yang disebutkan di atas adalah sebagian manfaat Buah Mahkota Dewa ketika dikonsumsi yang mungkin belum diketahui di masyarakat

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts